ilustrasi Twitter
ilustrasi Twitter ( CNET)

Centang Biru Hilang dari Akun-akun Twitter di Indonesia

23 April 2023 08:33 WIB

SonoraBangka.ID - Pengguna Twitter di Indonesia melaporkan mulai kehilangan lencana atau centang biru gratis (legacy) yang sebelumnya diberikan kepada akun-akun berpengaruh (influencer), seperti selebritas, tokoh politik, aktivis, jurnalis, dan sebagainya.

Kini, sejumlah akun yang sebelumnya dibubuhkan centang biru legacy tidak memiliki ikon "Verified" tersebut, imbas kebijakan baru Twitter yang meluncurkan layanan Twitter Blue berbayar.

Kata Twitter Blue menjadi percakapan (trending) global, sementara keyword "centang biru hilang" banyak diketik netizen pengguna Twitter asal Indonesia pada Jumat (21/4/2023) siang.

Selebritas Indonesia seperti Agnez Monica dan semua personel grup idol JKT48 dilaporkan tidak lagi memiliki centang biru.

"Member (JKT48) semuanya udh ilang centang biru," tulis akun WOTANET MENFESS.

Selain itu, sejumlah selebritas Twitter yang memiliki banyak pengikut, dan memiliki centang biru hasil verifikasi juga melaporkan telah kehilangan lencana tersebut, seperti mantan politikus Tsamara Amany dan Wali kota Solo Gibran Rakabuming.

Adapun "hilangnya" lencana biru ini merupakan realisasi dari janji CEO Twitter, Elon Musk pada Desember tahun lalu. Menurutnya, cara pemberian centang biru yang saat itu diberikan secara gratis lewat proses verifikasi internal Twitter sangat korup dan tidak masuk akal.

Musk pun mulai menghilangkan centang biru hasil verifikasi itu yang diumumkan mulai 24 Maret lalu. Twitter menjelaskan akan mulai menghentikan program verifikasi lawas dan mulai menghapus centang verifikasi yang lama.

Adapun penghapusan tersebut sudah mulai dilakukan sejak 1 April lalu. Dan menurut Musk, tanggal terakhir untuk penyingkiran centang biru legacy jatuh pada 20 April kemarin.

Harus langganan Twitter Blue

Setelah penghapusan centang biru legacy ini, akun-akun yang mendapatkan centang biru secara gratis dapat mempertahankan lencana tersebut dengan berlangganan layanan Twitter Blue.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm