Ilustrasi cuaca panas. Suhu di Banten mencapai 34,4 derajat Celsius awal tahun 2023 ini. Menurut BMKG, fenomena ini disebabkan beberapa hal.(SHUTTERSTOCK/VladisChern)
Ilustrasi cuaca panas. Suhu di Banten mencapai 34,4 derajat Celsius awal tahun 2023 ini. Menurut BMKG, fenomena ini disebabkan beberapa hal.(SHUTTERSTOCK/VladisChern) ( KOMPAS.COM)

Tips Untuk Menghadapi Cuaca Panas dan Gejala yang Perlu Diwaspadai

26 April 2023 21:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejumlah wilayah di Indonesia belakangan ini sedang dilanda cuaca panas.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pada periode 11-20 April 2023, suhu di berbagai daerah di Indonesia dapat mencapai sekitar 36,5 hingga 37,2 derajat celsius.

"Kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36°C di beberapa lokasi," tulis BMKG dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

"Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta, bulan April-Mei-Juni adalah bulan-bulan di mana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November," lanjut BMKG dalam keterangannya.

Tak cuma di Indonesia, suhu panas tersebut juga melanda berbagai negara di Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand atau Myanmar.

Dampak cuaca panas

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, jika sering terpapar cuaca panas, seseorang akan mengalami masalah kesehatan atau penyakit, yakni heatstroke.

"(Dampak cuaca panas bagi tubuh) heatstroke namanya," ungkap Nadia kepada Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Heatstroke merupakan kondisi ketika tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan. Ini merupakan kondisi paling berat akibat cuaca panas.

Selain itu, dampak lain dari cuaca panas bagi tubuh adalah dehidrasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm