ilustrasi pekerja lepas.
ilustrasi pekerja lepas. ( sumber: shutterstock via kompas.com)

Pintar Kelola Penghasilan Tambahan, Ini Tips Jadi Freelancer Mapan!

3 Mei 2023 16:40 WIB

SonoraBangka.id - Siapa pun tentunya ingin memiliki penghasilan tambahan untuk bantu penuhi kebutuhan dan mencapai tujuan keuangan.

Makanya, mungkin kita akan mencari penghasilan tambahan dengan berwirausaha, atau mungkin menjadi seorang freelancer.

Nah, berbicara mengenai freelancer, di zaman yang semakin berkembang ini, banyak orang terutama kaum milenial yang memilih menjadi seorang freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bahkan, bisa jadi penghasilan tambahan dari freelancer lebih besar ketimbang pekerjaan tetap.

Hingga akhirnya memilih untuk freelance saja.

“Dulu, karakteristik kerja biasanya orang berbicara tentang security atau bagaimana dia merasa aman saat bekerja. Nah, sekarang itu enggak. Banyak orang sekarang mencari kenyamanan bukan lagi  keamanan kerja, lebih ke flexibility- nya dan pekerjaan yang santai,” ujar  Noveri Maulana, konsultan karier.

Seperti yang kita tahu, pekerjaan freelancer itu identik dengan pekerjaan yang santai dan tidak mengikat, sehingga rendah risiko stresnya dan membuat nyaman saat bekerja.

Ya, hal itu ada benarnya juga.

Tapi perlu diingat, bahwa menjadi seorang freelancer juga tidak serta-merta mengabaikan aspek keamanan dalam bekerja.

Keamanan yang dimaksud adalah keamanan atas pendapatan dan perkembangan karier ke depannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm