Oli gardan(Dok. PT Pertamina Lubricants)
Oli gardan(Dok. PT Pertamina Lubricants) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Ganti Oli Motor Wajib Satu Paket dengan Oli Gardan?

3 Mei 2023 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika pengguna motor melakukan ganti oli rutin di bengkel servis, biasanya oli gardan juga ikut diganti. Hal ini merupakan situasi umum yang seringkali dijumpai bahkan mungkin pernah dialami oleh sebagian besar pengguna.

Harga yang dipatok untuk oli gardan memang terbilang cukup murah, yakni di kisaran Rp 15.000 sampai Rp 20.000 saja, namun apakah ganti oli mesin harus selalu satu paket dengan oli gardan?

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, sebetulnya oli gardan tidak wajib diganti setiap kali melakukan ganti oli baru. Ini merupakan miskonsepsi yang umum terjadi karena konsumen kurang faham.

“Enggak wajib kok ganti oli gardan tiap ganti oli baru, cuma praktik di lapangan selalu sepaket. Enggak ada kendalanya juga, hanya saja terkesan mubazir kalau oli gardan diganti padahal kondisinya masih bagus,” ucap dia kepada Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Dia mengatakan, usia pemakaian oli gardan jauh lebih panjang dibandingkan oli mesin. Bila oli mesin disarankan ganti setiap 2.000 kilometer, oli gardan baru disarankan ganti setiap 6.000 kilometer.

“Rumus mudahnya ya 1:3, artinya ganti oli mesin 3 kali baru ganti oli gardan sekali. Cuma kadang-kadang kan konsumen lupa dan mereka tidak mau ambil pusing, toh harga oli gardan murah jadi sekalian saja, mungkin begitu situasinya,” ujar Anto.

Akan tetapi, ada situasi-situasi tertentu yang mengharuskan pengguna untuk segera melakukan ganti oli gardan. Situasi yang dimaksud yaitu motor baru digunakan menerobos banjir.

Saat motor menerobos banjir yang cukup dalam, air bisa memasuki kompartemen transmisi dan bercampur dengan oli gardan. Jika tidak segera ditangani, fungsi transmisi akan menurun dan ada risiko kerak karat muncul.

“Kalau motor habis nerobos banjir, itu kasus khusus. Oli gardan wajib diganti secepatnya supaya transmisi enggak rusak. Tapi dalam situasi pemakaian motor normal, cukup pakai rumus 1:3 tadi saja,” ujar Anto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Ganti Oli Motor Wajib Sepaket dengan Oli Gardan?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/03/124200915/mitos-atau-fakta-ganti-oli-motor-wajib-sepaket-dengan-oli-gardan-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm