Ilustrasi serangan jantung
Ilustrasi serangan jantung ( shutterstock)

Hati-hati Penyakit Jantung, Zaman Sekarang Anak Muda Juga Bisa Kena!

15 Mei 2023 13:36 WIB

SonoraBangka.id - Siapa bilang penyakit jantung hanya menyerang orang tua?

Ya, di zaman sekarang ini, penyakit jantung kerap menghantui para anak muda.

Hal ini dibuktikan dengan maraknya kasus gangguan jantung pada anak muda.

Pasalnya, penyumbatan koroner ringan perlahan dimulai pada usia akhir 20-an karena peningkatan kolesterol atau faktor genetik yang mendasari kasus ini.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa anak muda dapat terserang penyakit jantung.

Menurut Dr Tan Kok Leng dari Pantai Hospital Kuala Lumpur, anak muda yang menjalani gaya hidup kurang sehat pada akhirnya dapat mengalami berbagai macam penyakit.

“Anak muda sering mengonsumsi makanan cepat saji dan merokok atau vaping. Kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah atau aterosklerosis”, jelas Dr Tan Kok Leng.

Selain itu, gaya hidup yang buruk juga menyebabkan hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Beberapa penyakit inilah yang dapat menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung.

“Konsumsi minuman beralkohol menjadi faktor berikutnya mengapa gangguan jantung di kalangan anak muda mulai meningkat. Kebiasaan tersebut mampu menghasilkan kardiomiopati alkoholik, yaitu suatu kondisi di mana alkohol melemahkan otot jantung secara langsung”, sambung Dr Tan Kok Leng.

Bukan hanya beberapa faktor di atas, kebiasaan anak muda yang terlalu lama duduk di meja kerja hingga melakukan aktivitas gym berlebihan turut menyumbang risiko penyakit jantung.

Sementara itu, meski masalah kesehatan mental sudah mulai diperhatikan oleh para anak muda, banyak dari mereka yang masih merasa kesulitan mengelola stres.

Untuk diketahui, stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.  

Dr Tan Kok Leng menjelaskan, orang yang berusia di atas 40 tahun sangat disarankan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin, termasuk orang berusia pertengahan 30-an yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit jantung. 

Dalam hal ini, screening jantung dari Pantai Hospital dibuat khusus berdasarkan usia, riwayat medis, faktor risiko, riwayat keluarga dan masalah kesehatan kita.

Nantinya, segenap tim medis profesional akan membantu memahami seperti apa kondisi tubuh selama proses screening berlangsung. Kita akan menerima laporan detail hasil pemeriksaan dalam waktu 3-4 hari kerja. 

Pantai Hospital menawarkan berbagai pemeriksaan mulai yang paling dasar sampai canggih.

Pengobatan seperti elektrokardiogram, ekokardiogram, tes exercise stress, coronary CT scans dan studi perfusi miokard akan dipilih sesuai dengan kebutuhan individu untuk tujuan diagnostik. 

Di samping itu pula, Pantai Hospital Kuala Lumpur menyediakan pengobatan terbaik untuk mengatasi gangguan atau penyakit jantung didukung dengan teknologi medis terkini. 

Untuk konsultasi dan informasi mengenai pemeriksaan, kita dapat menghubungi call center dan WhatsApp dalam bahasa Indonesia di +6221-2789-9788.

Sedangkan untuk respons cepat atau email melalui ihh.my.helpdesk@ihhhealthcare.com. Tim medis di Pantai Hospital akan membantu berkonsultasi serta menjadwalkan kunjungan.

Nah, selamat mencoba ya!

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053785268/waspada-penyakit-jantung-anak-muda-zaman-sekarang-juga-bisa-kena

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm