ilustrasi nyeri di belakang leher bisa jadi gejala kolesterol.(Shutterstock)
ilustrasi nyeri di belakang leher bisa jadi gejala kolesterol.(Shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Nyeri di Belakang Leher Bisa Sebagai Tanda Kolesterol, Kapan Harus Cek?

15 Mei 2023 21:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kolesterol tinggi umumnya tidak memiliki gejala atau tanda pasti yang terjadi pada tubuh penderita.

Tapi, kadar kolesterol berlebih yang telah membentuk plak dan menyempitkan pembuluh darah akan memicu beberapa gejala sesuai penyakit yang kemungkinan diidap.

Menurut Kementerian Kesehatan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak, sehingga rongga pembuluh darah menyempit dan aliran darah menjadi terhambat.

Kondisi ini meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung dan stroke, serta menimbulkan gejala penyakit mirip gangguan kesehatan tersebut.

Nyeri leher tanda kolesterol tinggi

Salah satu tanda yang sering dialami dan diklaim sebagai tanda kolesterol tinggi adalah nyeri di belakang leher.

Dikutip dari laman Medicover Hospitals, nyeri leher belakang dapat menjadi salah satu ciri-ciri kadar kolesterol tinggi.

Apalagi, saat nyeri tersebut bermula dari rasa nyeri di area dada sebelah kiri yang menjalar hingga ke leher.

Kondisi ini menunjukkan bahwa tubuh mengalami penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol terlalu tinggi sehingga berimbas pada jantung.

Adapun sebenarnya, gejala nyeri dada sebelah kiri hingga ke leher ini menjadi tanda serangan jantung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm