Ilustrasi
Ilustrasi ( Kolase foto Pexels.com & Pixabay.com)

Wow, Ternyata Nyeri Sakit Gigi Bisa Hilang Pakai Bumbu Dapur Ini

16 Mei 2023 11:09 WIB

SonoraBangka.id - Cengkih rupanya sudah sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan medis, salah satunya untuk perawatan gigi.

Selain menjadi penyedap dari berbagai olahan makanan, ternyata cengkih juga ampuh sebagai cara menghilangkan nyeri sakit gigi, lho.

Bagi Sahabat NOVA yang sedang nyeri karena sakit gigi, bisa memanfaatkan cengkeh untuk dijadikan obat sebagai cara menghilangkan sakit gigi.

Diketahui, minyak cengkeh terdiri dari 80 hingga 95 persen eugenol, yang merupakan anestetik dan antiseptik yang kuat.

Dokter gigi sering menerapkannya pada gusi untuk membunuh kuman dan mengurangi rasa sakit dari operasi gigi seperti pencabutan gigi, penambalan gigi, dan saluran akar.

Sebuah studi tahun 2006 di Universitas Kuwait menemukan bahwa minyak cengkeh bekerja sama dengan anestetik lokal benzocaine untuk mematikan rasa sakit gigi.

Minyak cengkeh tidak hanya digunakan untuk menghentikan rasa sakit, tetapi juga dapat membantu membersihkan mulut dan menghilangkan bau mulut.

Inilah tiga cara memanfaatkan cengkeh untuk menghilangkan nyeri saat sedang sakit gigi:

1. Menggunakan bubuk cengkeh

Kumur dengan air garam hangat (untuk membantu mengeluarkan air liur).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm