Peralatan makan kayu milik Qya Home Decor, sudah ekspor ke Amerika dan Eropa.
Peralatan makan kayu milik Qya Home Decor, sudah ekspor ke Amerika dan Eropa. ( Kompas.com/Krisda Tiofani)

Simak Sebelum Beli, Berikut 2 Cara Pilih Alat Makan Kayu Yang Aman

18 Mei 2023 07:14 WIB

SonoraBangka.id - Selain keramik dan kaca, kamu bisa memilih peralatan makan kayu untuk wadah makanan. Alat makan kayu memiliki kelebihan daripada piring berbahan lain. Misalnya, lebih tahan pecah dibandingkan dengan kaca atau keramik. Namun, peralatan makan kayu kerap dianggap kurang aman bagi makanan karena permukaannya berserat. Ada cara memilih peralatan makan kayu yang aman buat makanan, disampaikan langsung oleh Husein Hasyimy, pemilik Qya Home Decor berikut ini. 

1. Lihat permukaannya

Kamu bisa memerhatikan permukaan peralatan kayu sebelum membeli barang ini. Menurut Husein, alat makan kayu seharusnya tidak mengilap. Husein mengatakan, alat makan kayu yang mengilap biasanya diproses akhir menggunakan melamin. Menurut dia, melamin tidak aman digunakan untuk makanan panas. Jadi, sebaiknya dihindari. "Kalau finishing kami pakai olive oil, jadi lebih oily. Kalau enggak, dia lebih kering atau keset," ujar Husein saat ditemui Kompas.com di ICA Chef Expo, Ji Expo Kemayoran, Rabu (10/5/2023). 

2. Cari tahu jenis kayunya

Kamu bisa memastikan kualitas peralatan makan kayu dari jenis bahan baku yang digunakan. Menurut Husein, caranya bisa dimulai dari melihat merek barang atau mengecek deskripsi produknya. "Jenis kayu juga berpengaruh. Ada jenis kayu yang terlalu basah, jadi bakteri cepat tumbuh," tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Pilih Alat Makan Kayu Aman untuk Makanan, Simak Sebelum Beli", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/16/092900675/2-cara-pilih-alat-makan-kayu-aman-untuk-makanan-simak-sebelum-beli.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm