Seorang penumpang pria membuka pintu darurat pesawat Asiana Airlines OZ8124 saat masih dalam penerbangan
Seorang penumpang pria membuka pintu darurat pesawat Asiana Airlines OZ8124 saat masih dalam penerbangan ( Tribunsumsel.com )

12 Terluka, Apa Alasan Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat Asiana Airlines Saat Masih Terbang?

28 Mei 2023 08:48 WIB

SonoraBangka.id - Belum lama ini, sebuah video rekaman penumpang menahan tubuhnya dari terpaan angin kencang saat berada di pesawat viral di media sosial.

Kejadian menegangkan itu rupanya terjadi setelah seorang penumpang pria mendadak membuka pintu keluar darurat saat pesawat masih mengudara. Peristiwa itu terjadi di dalam penerbangan Asiana Airlines OZ8124, Jumat (26/5/2023).

Pesawat itu diketahui akan mendarat di Bandara Internasional Daegu, Korea Selatan.

Dilansir dari kanal berita Korea Selatan, Yonhap,  OZ8124 dengan pesawat Airbus A321-200 terbang dari Pulau Jeju menuju Daegu pada Jumat (26/5/2023) pukul 11:45 waktu setempat.

Pesawat tersebut mengangkut 194 penumpang, termasuk anak usia sekolah yang berencana menghadiri acara olahraga akhir pekan.

Namun, peristiwa tak terduga terjadi saat seorang penumpang pria membuka pintu darurat di samping kiri kabin ketika pesawat hendak melakukan pendaratan.

Pintu darurat dibuka ketika pesawat masih berjarak 250 meter di atas permukaan tanah.

Akibat ulah pria tersebut, terpaan angin kencang masuk ke kabin namun pramugari tidak dapat mencegahnya.

Insiden dalam penerbangan OZ8124 pun menyebabkan 12 orang mengalami hiperventilasi, kondisi seseorang mengeluarkan lebih banyak karbondioksida daripada menghirupnya. 

Sebanyak 9 dari 12 penumpang tersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat, menurut laporan Departemen Kebakaran dan Keselamatan Daegu. 

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm