lustrasi brokoli, salah satu sayuran yang diklaim paling sehat  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Olah Batang Brokoli agar Tidak Terbuang Sia-sia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/26/161200475/3-cara-olah-batang-brokoli-agar-tidak-terbuang-sia-sia?page=all#page2. Penulis : Diva Inggar Sabilillah Editor : Silvita Agmasari  Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6
lustrasi brokoli, salah satu sayuran yang diklaim paling sehat Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Olah Batang Brokoli agar Tidak Terbuang Sia-sia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/26/161200475/3-cara-olah-batang-brokoli-agar-tidak-terbuang-sia-sia?page=all#page2. Penulis : Diva Inggar Sabilillah Editor : Silvita Agmasari Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6 Download aplikasi: https://kmp.im/app6 ( )

Agar Tidak Terbuang Sia- Sia, Berikut 3 Cara Mengolah Batang Brokoli

28 Mei 2023 20:42 WIB

SonoraBangka.id - Bagian brokoli biasanya yang paling sering dipakai ke dalam masakan hanya bagian kepala. Sementara batang brokoli jarang dipakai, tetapi jangan dibuang agar tidak mubazir. Kamu bisa makan batang brokoli baik dalam keadaan mentah maupun dimasak. Ada berbagai cara untuk memanfaatkan batang brokoli.  Melansir laman The Kitchn, berikut ini tiga cara kegunaan batang brokoli. 

1. Olah menjadi saus cocolan

Batang brokoli dapat diolah menjadi saus cocolan. Cara membuatnya pun mudah.  Pertama, kukus batang brokoli untuk menghilangkan rasa pahit. Kedua, hancurkan batang brokoli yang sudah dikukus menggunakan food processor. Kamu dapat menambahkan aneka bumbu sesuai selera. Saus batang brokoli bisa digunakan sebagai olesan sandwich, cocolan kerupuk, dan salad dressing.  Olahan ini merupakan cara sederhana untuk mengonsumsi sayuran brokoli yang lezat. 

2. Parut dan masak menjadi camilan brokoli

Kamu mungkin pernah lihat atau coba potato bites. Batang brokoli juga bisa dibuat seperti camilan itu.  Selain batang brokoli, kamu juga bisa buat camilan ini dengan kembang kol dan ubi jalar.  Parut batang brokoli hingga berbentuk potongan kecil-kecil. Campurkan parutan batang brokoli dengan satu butir telur dan 34 gram tepung untuk 90 gram batang brokoli parut.  Setelah tercampur rata, uleni dan bentuk bulat kecil seperti bakso. Kemudian, panggang di dalam oven hingga matang.

3. Pengganti pasta Batang brokoli bisa diolah menjadi pasta.

Cara ini bisa menjadi salah satu alternatif kamu untuk mengonsumsi sayuran. Kamu dapat gunakan alat spiralizer untuk membentuk batang brokoli mirip seperti pasta. Jika kamu tidak punya spiralizer, kamu bisa gunakan alat pengupas sayur dan buah. Pasta batang brokoli siap diolah ke tahapan masak selanjutnya, baik ditumis maupun direbus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Olah Batang Brokoli agar Tidak Terbuang Sia-sia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/26/161200475/3-cara-olah-batang-brokoli-agar-tidak-terbuang-sia-sia?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm