Walikota Pangkalpinang Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Walikota Pangkalpinang Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ( Kominfo Pangkalpinang)

Walikota Pangkalpinang Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

1 Juni 2023 19:21 WIB

SONORABANGKA.ID- Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 dengan tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global, di Halaman Kantor Walikota Pangkalpinang. Kamis (01/06/23).

Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) dalam sambutannya menyampaikan pada peringatan hari lahir pancasila tahun ini, diharapkan sebagai momentum masyarakat untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan Global dengan meneguhkan komitmen kebangsaan dan jiwa patriotik.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga pancasila dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya. Mari kita berkomitmen untuk bersama sama menguatkan jati diri bangsa dan karakter bangsa. Sikap dan patriotik cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius bangsa Indonesia. Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat bai secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepala tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika," pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm