Head Unit pada Suzuki Swift, bisa diganti produk aftermarket termasuk fungsi tombol di setir.(Donny Apriliananda)
Head Unit pada Suzuki Swift, bisa diganti produk aftermarket termasuk fungsi tombol di setir.(Donny Apriliananda) ( KOMPAS.COM)

Ternyata Mengecilkan Volume Bisa Membuat Audio Mobil Lebih Awet

1 Juni 2023 21:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bukan hanya mobil saja yang perlu mendapat perawatan, tapi perangkat penunjang saat berkendara seperti instalasi audio juga wajib mendapat perhatian.

Langkah perawatan audio lebih ke masalah kebiasaan atau perilaku penggunaannya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Tara, salah satu sales divisi Kiki Rotary Motor, yang berlokasi di Blok M, Jakarta Selatan.

Menurutnya pengguna mobil wajib mematikan audio serta mengecilkan volume di saat akan menghidupkan atau mematikan mesin mobil.

“Mematikan audio (sebelum mematikan mesin mobil) agar tidak cepat rusak memang benar, tapi ada yang harus ditambahkan yaitu mengecilkan volumenya terlebih dulu baru dimatikan audionya,” ucap saat ditemui Kompas.com, di Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2023).

Pasalnya, bila head unit tidak dimatikan terlebih dahulu, audio akan segera menyala saat mesin mobil dinyalakan. Hal ini tentu berpengaruh pada komponen di dalam head unit karena saat mobil menyala pertama kali tegangan arus listrik tidak stabil.

Selain itu, ketika menstarter mobil dan head unit menyala dengan pengaturan volume keras, bisa mempengaruhi umur speaker. Speaker yang tiba-tiba berteriak keras, membuat komponen terutama membran yang bergetar tidak bisa kembali ke posisi semula.

Ini merupakan langkah gampang yang dilakukan untuk membuat audio lebih awet. Jadi sebaiknya pastikan mengecilkan volume terlebih dahulu kemudian head unit dimatikan sebelum mobil berhenti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ternyata Mengecilkan Volume Bisa Bikin Audio Mobil Lebih Awet", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/01/112200515/ternyata-mengecilkan-volume-bisa-bikin-audio-mobil-lebih-awet.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm