Ragam Ucapan Waisak, Sila Dijiplak (tribunnews)
Ragam Ucapan Waisak, Sila Dijiplak (tribunnews) ( KOMPASIANA.COM)

Sejarah dan Perayaan Dari Hari Waisak di Indonesia

3 Juni 2023 19:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Umat Buddha di seluruh dunia akan memperingati hari raya Waisak 2567 BE (Buddhist Era) yang jatuh pada Minggu, 4 Juni 2023.

Di berbagai dunia, hari Waisak memiliki beragam sebutan, seperti halnya di India, perayaan hari Waisak disebut dengan hari Visakah Puja atau Buddha Purnima, di Tibet disebut hari Saga Dawa.

Malaysia, Singapura, dan Sri Lanka, hari Waisak, mereka menyebutnya sebagai Vesak, dan di Thailand disebut sebagai Visakha Bucha.

Waisak jadi hari libur nasional

Sementara itu, di Indonesia hari Waisak tidak cuma diperingati sebagai hari raya keagamaan, tapi hari Waisak juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yang ditandatangi oleh Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi pada 29 Maret 2023.

Lantas, bagaimana sejarah dan perayaan hari Waisak di Indonesia?

Sejarah dan makna Waisak 

Dilansir dari Kompas.com (13/12/2021), dalam perayaan hari Waisak, terdapat tiga peristiwa penting bagi penganut agama Buddha yang disebut dengan Trisuci Waisak.

Trisuci Waisak merupakan hari suci yang dirayakan seluruh umat Buddha di dunia untuk merayakan 3 peristiwa penting, yaitu peristiwa kelahiran, penerangan agung, dan kematian Sidharta Gautama terjadi pada tanggal yang sama, yakni bulan purnama di bulan Mei.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm