Para pendaftar anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di sekretariat Tim Seleksi yang beralamat di jalan Batu Kaldera, Kelurahan Semabung Lama, Kota Pangkalpinang, Senin (5/5/2023).
Para pendaftar anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di sekretariat Tim Seleksi yang beralamat di jalan Batu Kaldera, Kelurahan Semabung Lama, Kota Pangkalpinang, Senin (5/5/2023). ( )

Pendaftar Bawaslu Kabupaten/Kota Meningkat, Namun Pendaftar Perempuan Masih Rendah

5 Juni 2023 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Hari ke delapan sejak mulai bukanya pendaftaran anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Bangka Belitung jumlah peserta yang melakukan registrasi terus meningkat.

Pantauan Bangkapos.com, suasana sekretariat Tim Seleksi Bawaslu Kabupaten/Kota yang beralamat di jalan Batu Kaldera, Kelurahan Semabung Lama, Kota Pangkalpinang hingga sore hari masih terpantau beberapa orang yang sedang melakukan pendaftaran.

Ketua Tim Seleksi Bawaslu Kabupaten/Kota, Iskandar mengatakan jumlah pendaftar pada hari ke delapan ini meningkat cukup signifikan, dengan total sudah ada 66 peserta yang resmi melakukan registrasi.

"Total ada 66 orang yang mendaftar. Paling banyak untuk Kabupaten Bangka Tengah ada 19 pendaftar, sementara Belitung timur baru 3 orang," kata Iskandar, Senin (5/5/2023).

Menurut Iskandar, masih minimnya jumlah pendaftar pada beberapa daerah juga dipengaruhi karena belum siapnya berkas - berkas yang harus disiapkan oleh peserta, sehingga ada yang telah datang namun saat diperiksa ternyata masih ada kekurangan.

"Sebelum di upload kan diperiksa, terkadang berkasnya tidak sesuai. Seperti surat kesehatan jasmani, rohani dan anti narkoba, harus dari rumah sakit pemerintah,  jadi kita minta untuk kembali dulu untuk diperbaiki,"kata  Iskandar.

Untuk itu, pria yang juga Dosen IAIN SAS Babel ini juga  menghimbau agar calon pendaftar pada dua hari terakhir benar - benar menyiapkan berkasnya.

"Mohon kiranya juga diantisipasi dengan membawa laptop masing-masing, karena khawatir tidak mencukupi komputer yg kami siapkan," katanya.

Selain itu, untuk jumlah pendaftar perempuan ia juga menyebutkan jika jumlahnya masih sangat minim, dengan baru ada enam orang yang terkonfirmasi melakukan pendaftaran.

"Kami berharap agar perempuan ikut andil mencalonkan diri, ini (masih) ada beberapa Kabupaten masih kosong peminat (perempuan)," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Jumlah Pendaftar Bawaslu Kabupaten/Kota Meningkat, Perempuan Masih Minim, https://bangka.tribunnews.com/2023/06/05/jumlah-pendaftar-bawaslu-kabupatenkota-meningkat-perempuan-masih-minim.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm