Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022. (Foto: Dyandra)
Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) sukses digelar pada 22-31 Juli 2022. (Foto: Dyandra) ( KOMPAS.COM)

Pemerintah Siap Untuk Permudah Pemberian Subsidi Motor Listrik

6 Juni 2023 21:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyatakan, pemerintah sudah melakukan evaluasi dalam pemberian subsidi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk kendaraan roda dua.

Pria yang juga menjabat Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menambahkan, pemerintah tidak ingin pemberian subsidi motor listrik sulit diperoleh masyarakat.

“Pemberian subsidi untuk pembelian motor listrik ini merupakan semangat pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik,” ujar Moeldoko, dikutip dari tayangan langsung Youtube Kemkominfo TV (6/6/2023).

“Jadi jangan berikan sesuatu yang ribet pada masyarakat dan sekarang pemerintah sedang siapkan mekanisme yang lebih sederhana dan praktis,” kata dia.

Ia menambahkan, pemerintah juga melakukan evalusi terkait percepatan pembayaran subsidi, yakni berupa potongan harga sebesar Rp 7 juta pada diler. Menurutnya proses pembayaran tersebut sedang dievaluasi pemerintah.

“Jadi subsidi ini diberikan pada diler dan ini sifatnya restitusi. Sehingga ada kesan pembayarannya lama. Ini yang sedang kami evaluasi, agar pembayaran bisa dilakukan dalam waktu satu hingga dua bulan,” ucap Moeldoko.

Untuk diketahui, pemerintah telah menyiapkan kuota pemberian bantuan pembelian kendaraan listrik untuk roda dua sebesar 200.000 Unit pada 2023.

Berdasarkan catatan situs sisapira.id per 6 Juni 2023, dari jumlah kuota tersebut baru terserap 644 unit, dengan status 4 unit sudah tersalurkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Siap Permudah Pemberian Subsidi Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/06/180100615/pemerintah-siap-permudah-pemberian-subsidi-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm