Jangan terlalu lama merendam teh celup, cukup biarkan selama dua hingga lima menit.
Jangan terlalu lama merendam teh celup, cukup biarkan selama dua hingga lima menit. ( SHUTTERSTOCK/Pixel-Shot)

Simak Sebelum Seduh, Berikut 2 Perbedaan Teh Celup Dan Teh Tubruk

8 Juni 2023 07:57 WIB

SonoraBangka.id -   Teh tubruk dan teh celup merupakan dua jenis teh yang mudah ditemukan di pasaran. Ada perbedaan antara kedua jenis teh ini, meski sekilas hasil seduhannya terlihat serupa. Fachri, pemilik LTG by Esterakyat, kedai teh di Jakarta, menjelaskan perbedaan teh tubruk dan teh celup berikut ini.

1. Teh celup lebih praktis

Bentuk teh celup dan teh tubruk berbeda. Meski sama-sama daun teh kering, teh celup dikemas dalam kantong kertas. Sementara itu, teh tubruk dijual dalam bentuk potongan daun teh kering yang siap diseduh. Kantong teh celup membuat jenis teh ini lebih praktis daripada teh tubruk. Kertas ini membantu teh mudah diseduh dan tidak berantakan.

2. Aroma teh tubruk lebih terasa

Aroma teh bisa tercium dari dua seduhan teh celup maupun tubruk. Namun, teh celup umumnya tidak boleh direndam terlalu lama. Saran menyeduh teh celup adalah membiarkannya terendam selama dua hingga empat menit, sementara teh tubruk bisa dibiarkan seharian. "Kalau mau ambil karakter teh lebih dalam itu ada di teh tubruk, aroma dan rasanya lebih keluar," kata Fachri saat ditemui Kompas.com di LTG by Esterakyat, Jumat (2/6/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Beda Teh Celup dan Teh Tubruk Menurut Penjual, Simak Sebelum Seduh", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/07/212900375/2-beda-teh-celup-dan-teh-tubruk-menurut-penjual-simak-sebelum-seduh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm