ilustrasi tahu putih.( SHUTTERSTOCK/tyasindayanti)
ilustrasi tahu putih.( SHUTTERSTOCK/tyasindayanti) ( KOMPAS.COM)

Tahu Putih Bisa Berlendir Saat Disimpan Terlalu Lama, Masihkah Aman Dimakan?

11 Juni 2023 17:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Unggahan yang menanyakan apakah tahu putih yang sudah berlendir masih bisa dimakan, ramai diperbincangkan warganet.

Unggahan itu ditayangkan oleh akun Twitter ini pada Sabtu (10/6/2023) pagi.

Dalam unggahan tersebut, terdapat foto yang menampilkan tahu putih yang terlihat sudah berlendir.

Pengunggah mengaku bahwa tahu putih tersebut sudah disimpan sejak Minggu (4/6/2023) lalu.

“Guis ini tahu putih yg aku beli dari hari minggu jadi berlendir, masih boleh dimakan ga ya? Aku males masak dari kemaren, pas mau dimasak malah begini,” tulis pengunggah.

Hingga Sabtu (10/6/2023) sore, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 15.100 kali dan disukai puluhan warganet.

Penjelasan ahli gizi

Dosen Gizi Kesehatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo menjelaskan, lendir yang ada di tahu putih tersebut berasal dari bakteri.

“Meskipun tahu putih dimasukkan ke kulkas dan menahan pertumbuhan bakteri dan jamur, tapi akan tetap menjadi tidak baik dikonsumsi jika disimpan dalam waktu yang lama,” ucap Toto kepada Kompas.com, Sabtu (10/6/2023).

Ia mengatakan, sebaiknya tahu langsung dimasak supaya gizinya tak banyak berkurang. Sedangkan agar gizi tak hilang, ada waktu maksimal menyimpan tahu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm