Plt Menkominfo, Mahfud MD umumkan tanggal peluncuran satelit Satria-1
Plt Menkominfo, Mahfud MD umumkan tanggal peluncuran satelit Satria-1 ( Kominfo)

Satelit Internet Satria-1 Meluncur 19 Juni, Bisa Dicoba Tahun Depan

14 Juni 2023 10:23 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan jadwal peluncuran Satelit Republik Indonesia" (Satria) 1 berlangsung 19 Juni mendatang.

Hal ini disampaikan Plt Menteri Komunikasi dan Informatika, Mahfud MD dalam konferensi pers Peluncuran Satria-1 yang digelar secara daring melalui kanal Youtube Kominfo.

"Dalam rangka pemerataan pembangunan terutama infrastruktur digital di pusat-pusat layanan publik di seluruh Indonesia, pemerintah akan meluncurkan Satelit Republik Indonesia yang pertama (Satria-1)," kata Mahfud MD dalam konferensi pers yang digelar hari ini, Selasa (13/6/2023).

"Peluncuran dapat disaksikan langsung melalui kanal Youtube Kominfo tanggal 19 juni 2023," imbuhnya.

Satelit Satria-1 dibangun untuk menyediakan akses bagi daerah di Indonesia yang tidak dapat dijangkau oleh teknologi fiber optik, setidaknya sampai 10 tahun ke depan.

Adapun sektor yang bakal ditunjang oleh satelit internet ini yaitu sektor publik, seperti sekolah, rumah sakit, kantor pemerintah daerah, TNI serta Polri.

Untuk mewujudkan satelit internet ini, Kominfo menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Dengan kata lain, pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo bekerja sama dengan pihak swasta untuk membangun Satria-1.

Pihak swasta yang terlibat dalam proyek ini yaitu PT Satelit Nusantara Tiga (SNT).

Bisa dicoba tahun depan

Meski diluncurkan beberapa hari mendatang, satelit internet Satria-1 baru bisa dicoba oleh masyarakat pada Januari 2024. Pasalnya, dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi satelit untuk menjangkau orbitnya.

Menurut Adi Rahman Adiwoso, Direktur Utama PT Satelit Nusantara Tiga, dibutuhkan waktu sekitar 145 hari bagi satelit Satria-1 menuju orbit. Pasalnya, satelit ini tergolong satelit modern, dengan memakai bahan bakar elektrik untuk menuju lintasan orbit dari titik luncurnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm