Ilustrasi sambal dabu-dabu.
Ilustrasi sambal dabu-dabu. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Neelakandi)

Cocolan Ikan Bakar, Berikut Cara Membuat Sambal Dabu-Dabu Tanpa Minyak

14 Juni 2023 21:43 WIB

SonoraBangka.id-  Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas Nusantara asal Manado, Sulawesi Utara. Cita rasa dari sambal yang satu ini didominasi rasa pedas, asam segar. Cara membuat sambal dabu-dabu cukup sederhana. Di antaranya, ada bawang merah, bawang putih, dan gula pasir. Kamu bisa menggunakan blender, ulek, atau potong bahan sesuai selera. Selain itu, hidangkan sambal dabu-dabu dengan ikan bakar. Dalam buku "30 Menu 2 Hidangan - Masakan Manado" (2013) oleh Dewi Priyatni L. terbitan Gramedia Pustaka Utama, bikin sambal untuk cocolan ikan bakar.

Resep sambal dabu-dabu

Bahan

10 buah cabai merah, potong dan iris tipis

6 buah bawang merah, potong dan iris tipis

8 lembar kemangi, potong dan iris tipis

2 buah cabai hijau, potong dan iris tipis

2 buah tomat, potong dan iris tipis

2 buah jeruk nipis, iris menyerupai dadu

1/2 sdt garam

1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat sambal dabu-dabu

1. Iris bahan dicampur dengan garam dan air jeruk nipis, diaduk rata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Dabu-dabu Tanpa Minyak, Cocolan Ikan Bakar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/14/090700275/resep-sambal-dabu-dabu-tanpa-minyak-cocolan-ikan-bakar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm