garam
garam ( PIXABAY/BRUNO)

Bumbu Wajib Saat Masak, Berikut 4 Beda Garam Laut Dan Garam Meja

15 Juni 2023 07:14 WIB

SonoraBangka.id - Jenis garam meja dan garam laut tak asing lagi di dunia memasak. Meski sama-sama bumbu masakan, ada perbedaan di antara keduanya. Proses, tekstur, rasa, hingga komposisi menjadi pembeda antara garam meja dan garam laut.  Bahkan, saran penggunaan garamnya juga berbeda. Tergantung makanan apa yang akan dimasak.  Dilansir dari Eating Well, simak perbedaan garam meja dan garam laut berikut ini.

1. Pembuatan garam meja dan garam laut berbeda

Garam meja didapat dari hasil penambangan endapan bawah tanah. Kemudian, diproses hingga kotoran dan mineralnya hilang. Umumnya, garam meja akan diperkaya dengan yodium untuk mencegah penggumpalan. Jenis mineral ini penting untuk mencegah tiroid. Berbeda dengan garam meja, garam laut dibuat dengan proses lebih singkat, yakni menguapkan air asin. Produksi garam laut menghasilkan kandungan mineral, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan potasium dalam jumlah kecil. 

2. Ukuran garam laut lebih besar 

Tekstur keduanya pun berbeda. Garam meja bertekstur sangat halus dan cepat larut, sementara tekstur garam laut agak kasar.

3. Cita rasa dan penggunaan

Kedua jenis garam ini tentu terasa asin. Namun, rasa garam laut disebut lebih kompleks dibandingkan dengan garam meja. Rasa asin garam meja cukup tajam. Jenis ini cocok digunakan untuk kue, roti, atau makanan lain yang membutuhkan garam dalam jumlah sedikit. Garam laut paling baik digunakan untuk masakan, khususnya yang dipanggang. Jenis garam ini akan memberi rasa dan lapisan tekstur baru di hidangan.

4. Umur simpan garam laut lebih lama

Garam laut bisa disimpan selamanya. Sementara itu, garam meja memiliki umur simpan dalam jangka waktu tertentu. Garam meja sebaiknya hanya disimpan maksimal lima tahun karena mengandung yodium dan zat antipenggumpalan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Beda Garam Meja dan Garam Laut, Bumbu Wajib Saat Memasak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/14/180600675/4-beda-garam-meja-dan-garam-laut-bumbu-wajib-saat-memasak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm