Masjid Agung kubah Timah di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang, yang masih dalam proses pembangunan, Jumat (16/6/202
Masjid Agung kubah Timah di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang, yang masih dalam proses pembangunan, Jumat (16/6/202 ( Andini Dwi Hasanah )

Jadi Icon Pangkalpinang, Masjid Kubah Timah yang Didesain Ridwan Kamil Sudah Rampung 50 Persen

17 Juni 2023 13:37 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui bahwa Masjid Kubah Timah akan menjadi ikon kebanggaan Kota Pangkalpinang.

Masjid ini dibangun berbentuk kubah dengan lima bangunan. Bangunan utama, rencananya digunakan untuk shalat dengan daya tampung 2.000 jemaah.

Saat ini pembangunan sudah rampung 50 persen.

Diperkirakan Oktober mendatang masjid yang terletak di jantung Ibukota Pangkalpinang ini selesai dibangun secara bertahap.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil ( Molen) menggandeng Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil untuk mendesain Masjid Kubah Timah yang berdiri megah dekat Tugu Titik O KM Kota Pangkalpinang atau di eks Polres Pangkalpinang.

Ridwan Kamil yang kerap disapa Kang Emil merupakan seorang arsitek yang kemudian terjun ke dunia politik.

Sebagai lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB), Ridwan Kamil memiliki gelar Sarjana Teknik di bidang arsitektur.

Ridwan Kamil juga memiliki gelar Master of Urban Design di Universitas California, Berkeley. Salah satu karya arsitektur Ridwan Kamil yang kerap mendapatkan pujian adalah desain bangunan masjid.

Sejumlah masjid di Indonesia merupakan hasil karya desainnya.  

Seperti Masjid Al-Irsyad, Kabupaten Bandung Barat, Masjid Al Mumtadz, Kabupaten Bandung, Masjid Al Jabbar, Kota Bandung, Masjid Al-Kamil, Kabupaten Sumedang, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Kota Makassar serta beberapa lainnya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm