Ilustrasi perguruan tinggi. Ilustrasi universitas swasta terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023.
Ilustrasi perguruan tinggi. Ilustrasi universitas swasta terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023. ( Shutterstock)

Terkait Protes Wisuda TK SD SMP SMA, Ternyata Ini Sejarah Awal Mula Wisuda dan Toga

20 Juni 2023 08:27 WIB

SonoraBangka.id - Sekarang ini sedang tren dan jadi sorotan terkait dengan perayaan kelulusan dengan acara wisuda pada TK, SD, SMP dan SMA.

Banyak orang tua yang memprotes wisuda TK SD SMP dan SMA ini karena dinilai memberatkan.

Sebenarnya apa itu wisuda dan bagaimana sejarah awal mulanya?

Sejarah Wisuda dan Toga

Ternyata kata wisuda berasal dari Bahasa Jawa ‘wisudha’ yang berarti pelantikan bagi orang yang telah menyelesaikan pendidikan.

Adapun prosesi wisuda identik dengan memakai toga.

Dikutip dari Tribun Jambi toga adalah pakaian resmi yang dipakai dalam seremoni atau upacara wisuda .

Tak hanya itu, dibalik bentuknya yang aneh, toga juga mempunyai sejarah serta filsafat yang cukup panjang.

Kata toga berasal dari tego, yang dalam bahasa latin bermakna penutup.

Biarpun umumnya dikaitkan dengan bangsa romawi, toga sesungguhnya berasal dari sejenis jubah yang dikenakan oleh pribumi italia, yaitu bangsa etruskan yang hidup di italia sejak 1200 sm. 

Kala itu, bentuk toga belum berbentuk jubah, namun sebatas kain sepanjang 6 meter yang cara menggunakannya sebatas dililitkan ke tubuh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm