Pelaku Usaha Sawit Se Babel Diberikan Pelatihan Bahan Baku Kelapa Sawit
Pelaku Usaha Sawit Se Babel Diberikan Pelatihan Bahan Baku Kelapa Sawit ( Disperindag Babel)

Pelaku Usaha Sawit Se Babel Diberikan Pelatihan Bahan Baku Kelapa Sawit

20 Juni 2023 12:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaku usaha Sawit Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), diberikan pelatihan Teknis Diversifikasi Produk Berbahan Baku Kelapa Sawit oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pelatihan praktek langsung berbahan baku kelapa sawit dilaksanakan Selasa pagi (19/6/2023), di Hotel Puncak Pangkalpinang, Provinsi Babel didampingi langsung oleh dua narasumber yang profesional di bidangnya, yaitu dari Dr. Mimin Aminah dari IPB dan Ir. Gelar Satya Budhi dari Direktur Pemberdayaan Masyarakat IREEM.

Pada saat membuka acara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin, di dampingi Kabid Perencanaan dan Pembangunan Industri Subekti Saputra mengatakan, bahwa hilirisasi industri sawit adalah proses mengoptimalkan produk-produk turunan dari kelapa sawit menjadi produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan beragam produk turunan kelapa sawit tersebut, diantaranya untuk keperluan sektor pangan seperti minyak goreng, nutrisi, bahan kimia, hingga bahan bakar terbarukan.

“program hilirisasi dan diverisifikasi produk industri sawit yang dimaksudkan untuk mendapatkan nilai tambah produk bahan mentah, memperkuat struktur industri, menyediakan lapangan kerja, dan memberi peluang usaha di Indonesia,” tuturnya.

Oleh karena itu, Kata Dia, melalui hilirisasi industri sawit ini nantinya diharapkan komoditas yang diekspor tidak lagi berupa bahan baku, tetapi sudah dalam bentuk produk turunan atau barang jadi, sehingga dapat meningkatkan harga yang berujung pada peningkatan penerimaan devisa melalui ekspor.

Menurutnya, prospek industri kelapa sawit beserta diversifikasi produknya dewasa ini terlihat semakin cerah, baik di pasar dalam negeri maupun di pasar dunia. Sektor ini akan semakin strategis karena berpeluang besar untuk lebih berperan menjadi motor pertumbuhan ekonomi nasional, penghasil devisa, dan menyerap tenaga kerja.

“saya berharap melalui kegiatan pelatihan teknis diversifikasi produk berbahan baku kelapa sawit hari ini kita dapat saling bersinergi untuk pengembangan hilirisasi kelapa sawit kedepannya. Amin,” katanya.

Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Pembangunan Industri Subekti Saputra selaku Ketua Pelaksana Kegiatan menjelaskan bahwa pelatihan produk berbahan baku kelapa sawit ini untuk mendapatkan nilai tambah dari produk bahan mentah kelapa sawit.

Dimana peserta pelatihan teknis diversifikasi produk berbahan baku kelapa sawit berjumlah 20 orang yang berasal dari pelaku usaha kelapa sawit Se-Bangka Belitung

Narasumber dalam Kegiatan Pelatihan Teknis Diversifikasi Produk Berbahan Baku Kelapa Sawit Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 2 orang yang berasal dari IPB Bogor sebanyak satu orang dan IREEM Bogor sebanyak satu orang.

“Pelatihan Teknis Diversifikasi Produk Berbahan Baku Kelapa Sawit Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilaksanakan selama 4 empat hari tanggal 20 – 23 Juni 2023 di Hotel Puncak pangkalpinang,” pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm