Disperindag Gelar Sosialisasi Vertek Perizinan Berusaha
Disperindag Gelar Sosialisasi Vertek Perizinan Berusaha ( Disperindag Babel)

Disperindag Gelar Sosialisasi Vertek Perizinan Berusaha

22 Juni 2023 14:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Dalam upaya mendorong perizinan berusaha. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan “Verifikasi Teknis  (Vertek) Perizinan Berusaha”, Kamis (22/6) di Ruang Rapat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung.

Mengundang 50 peserta dari Disperindag kabupaten dan kota serta OPD terkait, kegiatan tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung Tarmin, di dampingi langsung Kabid Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Supianto.

Dalam sambutanya, Kepala Disperindag Provinsi Babel menjelaskan  bahwa untuk usaha dengan tingkat risiko rendah dan menengah rendah, proses perizinan berusaha cukup diselesaikan melalui online single submission, tanpa membutuhkan verifikasi atau persetujuan dari kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah,

Sementara itu, usaha dengan tingkat risiko  menengah tinggi dan risiko tinggi membutuhkan verifikasi atau persetujuan dari kementerian, lembaga atau pemerintah daerah dan  proses verifikasi teknisnya bagi pelaku usaha dilaksanakan melalui online single submission RBA dan sistem infomasi industri nasional atau disebut SIINAS.

Untuk ke SIINAS, lajut Dia.  harus melengkapi persyaratan dasar dan juga proses perizinan berusaha, hal itu  berdasarkan Permenperin Nomor  9 Tahun 2021. Sedangkan aspek  pemeriksaan  yaitu perizinan dasar, kepemilikan akun siinas, kesesuaian lokasi industri, kesesuaian pemilikan industri, kesesuaian dengan bidang usaha, kesesuaian skala usaha, kesesuaian fasilitas produksi, kesiapan melakukan kegiatan produksi, pemenuhan peraturan perundangan-undangan lainnya, struktur organisasi serta sistem manajemen usaha

Oleh sebab itu dalam acara itu sosialisasi ini,  Kadis Disperindag Babel sangat berharap kepada pelaku usaha untuk mematuhi ketentuan tersebut dan dapat bekerja sama dengan sebaik-baiknya sehingga Verifikasi Teknis  (Vertek) Perizinan Berusaha berjalan sesuai harapan bersama.

“melalui kegiatan sosialisasi  verifikasi teknis perizinan berusaha berbasis risiko ini diharapkan pelaku  usaha industri dan pemerintah daerah dapat bekerja sama  di bidang  sektor perindustrian khususnya di Provinsi Babel,” katanya.

Sementara itu Kabid Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Supianto dalam laporanya menuturkan, bahwa Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota secara bersama-sama atau sesuai dengan kewenangan masing-masing menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perindustrian.

Sejalan dengan hal itu, lajutnya. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepualuan Bangka Belitung  menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Peraturan Perundang-undangan sebagai bentuk sinergitas  dalam rangka meningkatkan persepsi bersama tentang Verifikasi Teknis perizinan berusaha melalui OSS RBA dan SIINas.

Dalam proses verifikasi teknis bagi pelaku usaha, katanya. Dilaksanakan melalui OSS RBA dan Sistem Infomasi Industri Nasional (SIINas) adalah harus melengkapi persyaratan dasar dan juga proses perizinan berusaha berdasarkan Permenperin Nomor 9 tahun 2021 sedangkan aspek pemeriksaan  terdiri dari : perizinan dasar, kepemilikan akun siinas, kesesuaian lokasi industri, kesesuaian pemilikan industri, kesesuaian dengan bidang usaha, kesesuaian skala usaha, kesesuaian fasilitas produksi, kesiapan melakukan kegiatan produksi, pemenuhan peraturan perundangan – undangan lainnya, struktur organisasi serta sistem manajemen usaha

Kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan ini diikuti oleh lima puluh orang peserta yang terdiri dari OPD terkait di lingkungan Provinsi dan Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Bidang, Lingkup Perindustrian dan Perdagangan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Perusahaan Industri.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm