Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDM(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDM(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Target Kemenhub Memperbanyak Jumlah Bengkel Motor Listrik Konversi

22 Juni 2023 20:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memperbanyak jumlah bengkel motor listrik konversi sebelum akhir 2023.

Hal itu dilakukan demi mendukung program elektrifikasi nasional, sekaligus meningkatkan daya serap masyarakat untuk memakai kendaraan listrik.

Sapril, Direktorat Sarana Transportasi Jalan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub menjelaskan, jumlah bengkel motor listrik yang tersedia saat ini masih terbilang sedikit.

“Memang saat ini pemerintah sangat menitikberatkan program elektrifikasi kendaraan, jadi ada upaya untuk mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik, baik itu pabrikan atau konversian,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Dia mengatakan, bertambahnya kendaraan listrik pabrikan tentu bisa membantu membantu kenaikan angka pengguna.

Tapi menurutnya, hal utama yang sangat ingin dicapai oleh pemerintah dalam waktu dekat adalah pertambahan jumlah bengkel lokal yang bisa melakukan konversi.

“Kami (kemenhub) lebih mengupayakan proses peraihan dari kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik, khususnya untuk motor,” kata dia.

Menurut Sapril, hal itu bisa memberikan 2 implikasi positif. Pertama, kendaraan yang sudah ada bisa dimanfaatkan kembali melalui tahap refurbish dan tidak disia-siakan.

Kedua, upaya konversi tentu akan menyerap banyak tenaga lokal, yang berarti turut mengembangkan sektor usaha masyarakat.

“Sejauh ini ada 15 bengkel listrik yang sudah tersertifikasi, kami harap angkanya bisa bertambah sebelum tahun 2024,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Target Kemenhub Perbanyak Jumlah Bengkel Motor Listrik Konversi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/22/091200015/target-kemenhub-perbanyak-jumlah-bengkel-motor-listrik-konversi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm