Qualcom memperkenalkan platform audio Bluetooth generasi kedua bikinannya, S3 Gen 2 Sound Platform dengan chip baru
Qualcom memperkenalkan platform audio Bluetooth generasi kedua bikinannya, S3 Gen 2 Sound Platform dengan chip baru ( Gadgets Now)

Qualcomm S3 Gen 2 Meluncur, Chip Audio untuk Perangkat Gaming

24 Juni 2023 17:33 WIB

SonoraBangka.ID - Pabrikan chip kenamaan asal AS, Qualcomm merilis platform audio Bluetooth generasi kedua bikinannya, Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform. Chipset tersebut diklaim menjadi chip terbaru khusus gaming.

Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform ini sudah diperkenalkan dalam acara Snapdragon Summit 2022, bersamaan dengan peluncuran Snapdragon 8 Gen 2 pada November lalu di Hawaii.

Kebaruan yang ditawarkan adalah menggabungkan teknologi Snapdragon Sound dan LE Audio. Penggabungan tersebut akan memberi kualitas audio nirkabel yang lebih maksimal dengan latensi kurang dari 20 ms.

Platform audio ini juga akan mendukung teknologi Snapdragon Sound yang membawa fitur lain, seperti Spatiol Audio.

Spatial Audio memungkinkan sistem melacak dan mengikuti pergerakan kepala pengguna. Ringasnya, fitur ini dapat menciptakan efek suara dari berbagai arah, seperti mode 3D.

Qualcomm juga berjanji bahwa S3 Gen 2 Sound Platform dapat memungkinkan pengguna merasaa pengalaman bermain game yang bebas dari lag dan mendukung saluran di belakang suara agar dapat mengobrol saat bermain game.

Hal ini dikarenakan teknologi tersebut dirancang untuk memberi kualitas suara yang mulus di semua perangkat, mulai dari smartphone, earbud nirkabel, dan juga headset.

Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform juga mendukung kemampuan siaran dari LE Audio Auracast. Dukungan fitur tersebut memungkinkan dongle dan adaptor “mengubah” suara dari berbagai macam perangkat untuk menjadi alat siaran yang berkelas.

Kebaruan lainnya adalah memungkinkan pengguna melakukan streaming musik Blutooth dengan resolusi audio tertinggi di angka 24-bit 96kHz. Resolusi tersebut dapat dicapai jika pengguna menggunakan teknologi Snapdragon Sound dan Qualcomm apX Adaptif.

Selain meningkatkan kualitas suara, Qualcomm juga melakukan peningkatan pada aspek konektivitas. Sebagaimana dikutip dari Gadgets Now, Jumat (23/6/2023), chipset turut menawarkan pengalaman baru dengan Bluetooth LE Audio.

Qualcomm juga mengeklaim bahwa integrasi dari kedua teknologi, LE Audio dan Bluetooh dapat menawarkan pengalaman mendengar suara yang jauh lebih mulus untuk berbagai kegiatan mendengar. Misal saat mendengar musik dari layanan streaming, berkomunikasi lewat telepon, hingga bermain game.

Chip akan meningkatkan kualitas audio tanpa hambatan, menambah kejelasan/ketebalan sebuah suara, mendukung suara latar belakang di dalam games dengan latensi lebih rendah yang dilengkapi Snapdragon Sound.

Peningkatan-peningkatan seperti itu memungkinkan pengguna mendengar panggilan suara secara jelas. Dikarenakan Qualcomm menggunakan pita lebar 32kHz yang disertai teknologi peredam bising yang sudah ditingkatkan.

Qualcomm S3 Gen 2 Sound Platform juga mendukung Active Noice Cancellation (ANC) generasi ketiga yang membawa fitur anyar Adaptive Transparancy. Lewat fitur tersebut, ANC dapat berubah mulus dari mode sounding leak-through saat pengguna mendengar suara sekitar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Qualcomm S3 Gen 2 Meluncur, Chip Audio untuk Perangkat Gaming", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/06/23/16000017/qualcomm-s3-gen-2-meluncur-chip-audio-untuk-perangkat-gaming?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm