Ilustrasi telur unggas.
Ilustrasi telur unggas. ( SHUTTERSTOCK/Dirk M. de Boer)

Simak sebelum Beli, Berikut 5 Cara Pilih Telur Bagus Buat Bikin Kue

26 Juni 2023 15:28 WIB

SonoraBangka.id - Telur tidak bisa disimpan lama. Bahan makanan ini akan segera busuk dan harus dibuang. Itu sebabnya, penting untuk membeli telur segar agar aman dimasak, khususnya untuk membuat kue. Telur segar suhu ruang dan telur yang disimpan lama di kulkas, memiliki kualitas berbeda dan memengaruhi hasil kue, khususnya tekstur mengembangnya. Sebelum membeli telur, simak cara memilih telur segar dari majalah "SajianKu VOL 8/I" (2013) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada berikut ini. 

1. Lihat warnanya

Telur memiliki cangkang yang mudah retak. Bagian terluar ini bisa menggambarkan kondisi telur apakah masih layak makan atau tidak. Biasanya, telur segar berwarna coklat cerah. Telur berwarna kusam atau keruh menunjukkan bahwa telur disimpan terlalu lama. Belum lagi bila timbul bintik-bintik warna hitam yang disebabkan oleh jamur.

2. Arahkan ke cahaya

Beberapa penjual telur menyiapkan satu bohlam di lapak jualannya. Kamu bisa memanfaatkan sinar lampu untuk mengecek kesegaran telur. Arahkan telur ke cahaya lampu sembari diputar-putar. Telur segar akan menunjukkan letak kuning telur yang tetap dan tidak bergeser. Jika kuning telur pecah dan bercampur dengan putih telur, bisa disimpulkan bahwa telur tersebut tak lagi segar.

3. Rendam telur

Campur satu sendok teh garam dan dua gelas air. Kemudian, rendam telur untuk memastikan kesegarannya. Telur yang sedikit terapung berarti sudah tidak segar. Sebab, ini menunjukkan adanya kantung udara yang masuk ke dalam telur. Telur segar seharusnya tenggelam saat direndam karena tak ada celah udara.

4. Pecahkan telur

Jika terlanjut membeli telur, coba pecahkan di atas piring dan lihat bagian kuning serta putih telurnya. Kuning telur segar akan menyatu dan terkumpul di bagian tengah sehingga telur bisa dikatakan segar.

5. Beli di tempat ramai

Meski terlihat simpel, memilih tempat membeli telur bisa menentukan kualitas bahan yang didapatkan. Penjual telur dalam skala besar dan ramai, umumnya mengganti stok telur setiap hari karena habis terjual. Coba cara ini saat kamu datang ke pasar dan bingung menentukkan tempat membeli telur yang tepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Pilih Telur Segar dan Bagus untuk Bikin Kue, Simak Sebelum Beli", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/24/150300175/5-cara-pilih-telur-segar-dan-bagus-untuk-bikin-kue-simak-sebelum-beli.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm