Ilustrasi mobil mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina(KOMPAS.COM/HADI MAULANA)
Ilustrasi mobil mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina(KOMPAS.COM/HADI MAULANA) ( KOMPAS.COM)

Beli Solar Subsidi Sudah Wajib Menggunakan QR Code, Kapan Giliran Pertalite?

26 Juni 2023 19:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Pertamina (Persero) resmi menerapkan metode skema Full QR Code untuk pembelian bahan bakar Solar Subsidi yang kini berlaku untuk semua wilayah Indonesia.

Totalnya, 514 kota di Indonesia sudah wajib memakai QR Code saat akan membeli Solar Subsidi yang didapat saat melakukan pendaftaran program subsidi tepat.

"Sejak 22 Juni, Subsidi Tepat khususnya untuk Solar Subsidi sudah diberlakukan skema Full QR Code. Artinya sudah 100 persen transaksi Solar Subsidi di seluruh wilayah Indonesia wajib menunjukkan QR Code," kata Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, dalam keterangan resminya, Minggu (25/6/2023).

Lebih lanjut Mars Ega mengatakan, skema pembelian Solar Subsidi yang harus menggunakan QR Code masuk dalam tahapan ketiga program subsidi tepat, yang mana masyarakat sudah mengutilisasi QR Code sebagai alat untuk verifikasi transaksi.

Dijelaskan kalau implementasi Full QR Code bertujuan untuk memudahkan dan menjaga masyarakat yang berhak supaya lebih terjamin mendapatkan Solar Subsidi.

Lantas bagaimana dengan nasib Pertalite yang sampai saat ini belum terlaksana pembatasannya sebagai BBM subsidi?

Menjawab hal ini, Irto Ginting Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga menjelaskan, untuk Pertalite sejauh ini masih dalam tahap uji coba seperti awal diempat wilayah.

"Belum ada (tambahan wilayah). Sementara masih diempat wilayah seperti kemarin," kata Irto saat dihubungi Kompas.com.

Seperti diketahui, uji coba pembatasan untuk Pertalite pada empat kota meliputi Bangka Belitung, Aceh, Bengkulu, dan Timika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beli Solar Subsidi Sudah Wajib QR Code, Kapan Giliran Pertalite?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/26/093100115/beli-solar-subsidi-sudah-wajib-qr-code-kapan-giliran-pertalite-.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm