Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Kerusakan Transmisi Matik Bisa Lebih Parah Lantaran Telat Penanganan

5 Juli 2023 18:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Pengoperasian mobil transmisi matik memang lebih gampang daripada manual. Tapi, penggunanya harus lebih banyak tahu soal perawatan agar dapat mencegah terjadinya pembengkakan biaya perbaikan.

Pengguna mobil matik setidaknya perlu memahami beberapa gejala ketika transmisinya mulai bermasalah. Jika ada perubahan performa yang terasa, itu bisa dijadikan alasan untuk segera ke bengkel.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan kerusakan transmisi matik bisa menjadi lebih parah karena telat penanganan.

“Telat penanganan ini bisa karena pemilik tidak mengetahui bahwa sudah timbul gejala kerusakan, karena gejala tersebut terasa datang dan pergi, banyak yang menganggap itu normal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Hardi mengatakan ketika gejala sedikit tersebut muncul pada mobil matik, seharusnya pengendara segera membawanya ke bengkel.

Artinya, semakin dini transmisi matik mendapatkan perawatan maka peluang terjadinya kerusakan komponen lebih sedikit.

“Sistem pada transmisi mati itu sangat kompleks dan bekerja saling berhubungan, bila ada masalah kecil saja dibiarkan lama-lama akan menyebar,” ucap Hardi.

Hardi mengimbau, agar pengguna mobil transmisi matik tidak berpikir panjang kalau mulai terasa gejala penurunan performa. Saat itu juga, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke bengkel.

“Pemeriksaan saja, jangan sampai karena takut digetok harga dan sejenisnya membuat pemilik mobil malas ke bengkel, akhirnya menunda-nunda, itu kan malah akan membuat kerusakan semakin parah,” ucap Hardi.

Menurut Hardi beberapa kerusakan transmisi matik bisa tertolong dengan tanpa melakukan overhaul atau pembongkaran sehingga akan memangkas biaya perbaikan.

“Ada metode treatment matik, yaitu penambahan zat aditif untuk melunakkan seal, jika belum terlambat transmisi bisa normal kembali dengan biaya lebih terjangkau, asal tidak telat,” ucap Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kerusakan Transmisi Matik Bisa Lebih Parah karena Telat Penanganan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/05/101200515/kerusakan-transmisi-matik-bisa-lebih-parah-karena-telat-penanganan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm