Ilustrasi puding kacang.Ilustrasi puding kacang.
Ilustrasi puding kacang.Ilustrasi puding kacang. ( kompas.com)

Set Sempurna, Berikut Cara Membuat Puding Agar Tak Mudah Berair

6 Juli 2023 06:52 WIB

SonoraBangka.id - Dibutuhkan ketelatenan saat membuat puding agar hasilnya set sempurna. Jika tidak puding bisa lembek dan mudah berair.  Meski begitu kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak cair. Berikut uraiannya.  

1. Takaran air dan agar-agar

Kunci membuat puding tidak berair yakni pada takaran agar-agar dan cairannya. Melansir dari "100 Resep Puding Cokelat" oleh Dapur Alma terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, satu bungkus agar-agar atau sekitar tujuh sampai 10 gram membutuhkan cairaa sekitar 750 mililiter.  Namun jika cairannya mengandung asam, takarannya perlu disesuikan menjadi 500 mililiter. Lihat Foto Ilustrasi bubuk agar-agar.

2. Larutkan agar-agar terlebih dulu 

Melansir dari "Puding Tempo Doeloe Dan Masa Kini" oleh Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, agar-agar sebaiknya dicampurkan pada cairan sebelum dimasak. Cara ini dapat membuat puding tidak mengumpal dan set sempurna sehingga tidak mudah berair.  Hal ini juga perlu dilakukan jika puding memakai tambahan bahan pengental seperti maizena atau tepung custard. Namun sebelum digunakan maizena dan custard pun perlu dilarutkan dulu.

3. Aduk masak 

Saat memasak puding pastikan untuk mengaduknya terus-menerus supaya semua bahan larut. Lalu, gunakan pula api sedang cenderung kecil agar cairanya tidak meluap dan bergelembung. 

4. Segera dinginkan

Puding susu atau santan harus segera dimasukkan ke dalam kulkas setelah matang. Sebab dua bahan puding ini mengandung lemak tinggi yang bisa mengaktifkan mikroorganisme dengan cepat. Jika tak segera disimpan di kulkas, puding bisa jadi berair dan tidak tahan lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Puding agar Tidak Mudah Berair, Set Sempurna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/01/18/220200875/4-cara-membuat-puding-agar-tidak-mudah-berair-set-sempurna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm