Ilustrasi mie nyemek dari mi instan.
Ilustrasi mie nyemek dari mi instan. ( Dok. Shutterstock/Aris Setya)

Berikut 6 Cara Atasi Mie Lengket Dan Menggumpal Setelah Direbus

13 Juli 2023 06:37 WIB

SonoraBangka.id -  Mi adalah makanan favorit hampir semua orang, terdapat mi kuah dan mi goreng. Membuat mi cukup mudah bisa dibumbui sendiri atau menggunakan mi instan, sebelum diolah mi harus direbus terlebih dahulu. Mi yang sudah matang terkadang masih ada yang menempel satu sama lain atau bahkan menggumpal, sebelumnya kamu bisa menambahkan minyak zaitun pada air rebusan. Simak tips atasi mi lengket dan menggumpal setelah direbus, dikutip dari majalah "LeZAT / ED 313 MAR 2017" (2017) karya LeZAT terbitan Mediantara Infopersada.

1. Olesi dengan minyak

Setelah direbus dan ditiriskan, tambahkan satu atau beberapa minyak nabati agar mi tidak lengket untuk sementara.  Gunakan minyak baru dan sesekali aduk kembali mi agar tak lengket bila dibiarkan terlalu lama.

2. Tambahkan minyak zaitun

Tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur pada air rebusan mi agar tidak lengket serta tidak memakan waktu yang lama.

3. Dijadikan mi kuah

Cara yang mudah adalah dengan menjadikan mi kuah. Namun agar mi tidak mengembang dan terlalu lembek sebaiknya disiram kuahnya tepat dua atau tiga menit sebelum disajikan.

4. Perhatikan waktu saat merebus

Jangan merebus mi terlalu lama, karena mi yang lembek akan merusak penampilan serta mengurangi kenikmatan rasanya.

5. Perhatikan cara pengolahan mi

Pastikan air sudah mendidih ketika memasukkan mi, lalu aduk sebentar dengan sumpit dan segera angkat agar hasil mi tidak hancur dan lembek.

6. Rendam dalam air dingin

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar mi tidak lengket serta menggumpal adalah dengan merendamnya kedalam air dingin setelah proses perebusan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Atasi Mie Lengket dan Menggumpal Setelah Direbus", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/12/210300775/6-tips-atasi-mie-lengket-dan-menggumpal-setelah-direbus.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm