Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLN(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Hyundai Kona EV saat mengisi daya di SPKLU PLN(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

SPKLU PLN buat Penggunaan Kendaraan Listrik Sudah Tersedia 616 Unit

13 Juli 2023 21:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT PLN (Persero) mengklaim saat ini sudah menyediakan ratusan unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, guna mendukung penggunaan mobil listrik berbasis baterai.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dalam gelaran The 11th EBTKE ConEx 2023, sebuah ajang untuk mempercepat transisi energi di Indonesia untuk mencapai target net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

“PLN berkomitmen untuk konsisten mendukung dan mendorong gaya hidup ramah lingkungan khususnya di sektor transportasi melalui percepatan penyediaan infrastruktur kendaraan listrik seperti charging station baik bagi mobil maupun motor listrik,” ujar Darmawan, dalam keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

“Saat ini PLN sudah mengembangkan 616 SPKLU di 351 titik tersebar secara nasional, sedangkan untuk SPBKLU sudah ada 1.401 unit,” kata dia.

Dalam agenda tersebut, PLN Group menunjukkan showcase upaya-upaya pengembangan energi baru terbarukan (EBT) salah satunya konversi kendaraan berbasis BBM menjadi listrik.

Menurut Darmawan, satu-satunya cara menurunkan emisi dari sektor transportasi adalah dengan mendorong transisi kendaraan BBM ke listrik.

Sebagai gambaran perbandingan, emisi antara kendaraan listrik dan kendaraan BBM yaitu, 1 liter BBM sama dengan 1,5 kWh listrik. Sementara itu, emisi karbon 1 liter BBM adalah 2,4 kg Co2e dan sedangkan emisi karbon 1,5 kWh listrik adalah 1,5 kg Co2e.

“Artinya menggunakan kendaraan listrik hari ini, sudah mengurangi 50 persen emisi karbon dan bisa menurunkan 75 persen biaya operasional,” ucap Darmawan.

Dengan jarak tempuh 10 km untuk mobil dan 50 km untuk motor, membutuhkan listrik sebesar 1,5 kWh. Artinya, dengan asumsi tarif listrik sebesar Rp 1.699,53 per kWh maka, cuma diperlukan sekitar Rp 2.500.

Sedangkan dengan jarak yang sama menggunakan mobil berbasis BBM, membutuhkan 1 liter BBM dengan harga sekitar Rp 13.000 per liter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SPKLU PLN buat Kendaraan Listrik Sudah Tersedia 616 Unit", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/13/180100315/spklu-pln-buat-kendaraan-listrik-sudah-tersedia-616-unit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm