Salah satu adegan dalam film Nostalgia di SMA
Salah satu adegan dalam film Nostalgia di SMA ( KOMPAS.com)

Remaja Zaman Dulu Tampak Lebih Tua dari Usia Sebenarnya? Ini Kata Ilmuwan

20 Juli 2023 10:10 WIB

SonoraBangka.ID - Ketika melihat foto lama atau film-film era '80-an. Mengapa wajah remaja zaman dulu terlihat tua daripada usia yang sebenarnya? mungkin sebagian ada yang berpikir demikian.

Pemikiran ini, ternyata melintas pula di benak para ilmuwan. Sehingga mereka pun melakukan penelitian mengenai hal tersebut, dimulai tahun 2018.

Lantas, bagaimana penjelasannya?

Penjelasan remaja zaman dulu terlihat tua

Dikutip dari IFLScience, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018 meneliti penuaan biologis, dengan penanda seperti tekanan darah dan fungsi paru-paru, yang berubah sehubungan dengan usia kronologis, antara tahun 1988 dan 2010.

Mereka menemukan bahwa dalam jangka waktu yang singkat ini, terdapat perbedaan yang signifikan dalam penuaan, dengan generasi yang lebih baru yang secara biologis terlihat "lebih muda" daripada generasi sebelumnya.

"Selama 20 tahun terakhir, usia biologis populasi AS tampaknya telah menurun untuk pria dan wanita di seluruh rentang usia," tulis tim peneliti dalam studi tersebut.

Namun, tingkat perubahannya tidak sama untuk pria dan wanita.

Penelitian menunjukkan bahwa laki-laki muda mengalami peningkatan yang lebih besar daripada perempuan muda.

Temuan ini menjelaskan mengapa angka kematian pada usia dewasa awal lebih banyak menurun pada laki-laki dibandingkan perempuan, yang berkontribusi pada penyempitan kesenjangan angka kematian berdasarkan gender. 

Penelitian ini memasukkan berbagai gaya hidup yang berubah dari waktu ke waktu, termasuk kebiasaan merokok dan kecenderungan minum berbagai suplemen untuk mendukung daya tahan tubuh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm