Para ilmuwan menemukan sebuah sumber misterius yang telah mengirimkan gelombang radio ke arah Bumi setidaknya sejak 1988.
Para ilmuwan menemukan sebuah sumber misterius yang telah mengirimkan gelombang radio ke arah Bumi setidaknya sejak 1988. ( )

Selama 35 Tahun Sebuah Obyek Misterius dari Luar Angkasa Terus Mengirimkan Sinyal Radio ke Bumi

21 Juli 2023 15:29 WIB

SonoraBangka.ID - Para ilmuwan menemukan sebuah sumber gelombang radio misterius yang telah dkirimkan terus-menerus ke arah Bumi setidaknya sejak 1988.

Hingga kini, para peneliti belum mengetahui obyek apa yang mengirimkan gelombang radio ke arah Bumi tersebut.

Obyek tersebut memiliki sifat gelombang yang khas, sehingga tidak sesuai dengan model gelombang yang ada di Bumi.

"Selama 35 tahun, sumber tersebut telah mengirimkan ledakan energi selama 20 menit secara teratur dengan tingkat kecerahan yang sangat bervariasi," kata para peneliti dilansir dari Independent, Kamis (20/7/2023).

Ditemukan di luar garis kematian pulsar

Peneliti mengatakan, emisi tersebut tampak seperti ledakan yang keluar dari pulsar atau semburan radio cepat yang berlangsung selama milidetik hingga beberapa detik.

Kendati demikian, sumber yang baru ditemukan tersebut mengirimkan sinyal radio yang berdenyut selama 21 menit, di mana itu merupakan sesuatu yang sebelumnya dianggap mustahil.

Pulsar sendiri adalah bintang neutron yang berputar dengan cepat dan memancarkan ledakan radio ketika berputar.

Ketika melintasi Bumi, emisinya bisa ditangkap dengan sangat singkat dan terang, seperti cahaya mercusuar yang berputar dengan cepat.

Para ilmuwan meyakini, proses itu hanya bisa terjadi jika medan magnet pulsar cukup kuat dan berputar cukup cepat. Jika tidak, maka tak ada cukup energi yang bisa dilihat dalam pulsar dari Bumi.

Hal ini menyebabkan munculnya "garis kematian pulsar" yang menunjukkan bila sumber pulsar harus berputar cukup cepat dan cukup kuat untuk bisa dideteksi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm