ilustrasi pizza. Nikita Mirzani mentraktir semua tahanan di Rutan Kelas IIB Serang.
ilustrasi pizza. Nikita Mirzani mentraktir semua tahanan di Rutan Kelas IIB Serang. ( shutterstock/D-VISIONS)

Apa Perlu Pakai Alat Makan? Berikut 2 Tips Makan Pizza Ala Koki Italia

23 Juli 2023 15:33 WIB

SonoraBangka.id -  Ragam piza cukup mudah ditemukan di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Makanan asal Italia ini biasanya dijadikan camilan dan lumayan mengenyangkan karena porsi besarnya. Sebab, piza terdiri dari roti atau adonan dan topping yang umumnya melimpah. Jadi, tak heran bila satu atau dua potong piza cukup untuk mengisi perut kosong. Ada cara makan piza yang disarankan oleh koki asli Italia dari Casa Cuomo Ristorante, Jakarta Selatan, Chef Salvatore Cuomo, bisa kamu ikuti berikut ini. 

1. Jangan makan piza dengan banyak  topping

Menurut Salvatore, bagian utama piza adalah dough atau adonan rotinya. Ini yang menentukan kualitas piza. Menyantap piza dengan topping secukupnya akan membantu kita mengetahui seperti apa rasa adonan piza tersebut. "Kita semua bisa makan piza dengan cara apa saja, tetapi sebaiknya jangan menyantap piza dengan banyak topping karena akan terasa heavy," kata Salvatore dalam acara bincang ABC Cooking Studio X Casa Cuomo Ristorante, Senin (17/7/2023). Topping piza yang terlalu banyak akan membuat rasa kenyang lebih cepat muncul sehingga tak bisa menikmati piza dalam jumlah banyak.

2. Makan piza langsung dengan tangan

Salvatore mengatakan, piza bisa disantap menggunakan peralatan makan, seperti sendok, garpu, dan pisau. Namun, demi mempertahankan tekstur dan kualitas rasanya, sebaiknya santap piza langsung dengan tangan. "Kami (orang Italia), biasanya tidak memotong piza (dengan pisau), tetapi melipatnya seperti dompet dan memakannya," ujar Salvatore.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Tips Makan Pizza ala Koki Asli Italia, Apa Perlu Pakai Alat Makan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/22/131300875/2-tips-makan-pizza-ala-koki-asli-italia-apa-perlu-pakai-alat-makan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm