Logo Twitter akan berubah jadi X secara bertahap.
Logo Twitter akan berubah jadi X secara bertahap. ( KOMPAS.com)

Twitter Ganti Logo Burung Biru Jadi Huruf “X”, Begini Alasan Elon Musk

24 Juli 2023 17:20 WIB

SonoraBangka.ID - Elon Musk tak henti-hentinya membuat heboh di Twitter, media sosial yang dimilikinya sejak sekitar akhir tahun lalu. Kali ini, Musk mengumumkan Twitter ganti logo. Logo burung biru “Larry Bird” yang ikonik bakal digantikan dengan logo yang mirip huruf “X”.

Pemilik Twitter sekaligus bos perusahaan mobil listrik Tesla itu mengumumkan langsung kehadiran logo Twitter baru “X” yang bakal menggantikan logo burung biru, lewat akun Twitternya dengan handle @elonmusk, pada Minggu kemarin (23/7/2023).

"Kami akan segera mengucapkan selamat tinggal pada merek Twitter dan semua burung (logonya) secara bertahap," kata Elon Musk dalam twitnya.

Musk kemudian juga mengunggah cuplikan video singkat berdurasi tiga detik yang berisi transisi logo dari burung biru ke huruf X.

Pada video yang tertera di atas, dapat diketahui, logo Twitter baru bakal berupa berbentuk “X” dengan warna putih pada bagian huruf dan warna hitam di bagian latar belakangnya. 

Alasan Elon Musk ganti logo Twitter

Masih dalam twitnya pada hari yang sama, Elon Musk sempat menunjukkan ke pengguna, logo Twitter baru yang akan menggantikan logo burung biru. Musk menyertakan gambar logo burung Twitter sembari mengatakan, logo Twitter baru akan seperti itu, tetapi huruf X.

Kemudian, Musk menjelaskan, gagasan filosofis di balik Twitter ganti logo menjadi “X” adalah untuk merepresentasikan ketidaksempurnaan dalam diri semua pengguna yang membuat setiap pengguna itu unik.

Selain secara filosofis, alasan Elon Musk ganti logo Twitter tampaknya juga ditujukan untuk mendukung bisnis yang akan dikembangkan. Untuk diketahui, pada Oktober 2022, Musk sempat mengatakan, membeli Twitter adalah langkah untuk mempercepat pembuatan X.

X sendiri merupakan aplikasi dengan layanan beragam atau super apps. Konsep aplikasi X sebagai super app itu mirip seperti WeChat di China, yang di dalamnya memiliki layanan messaging, pembayaran, pesan-antar makanan, hingga ride-sharing.

Nama perusahaan Twitter pun telah diganti oleh Elon Musk. Sebelumnya, perusahaan aplikasi Twitter bernama Twitter Inc. Setelah itu, Musk mengganti namanya menjadi X Corp pada Oktober 2022.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Twitter Ganti Logo Burung Biru Jadi Huruf “X”, Begini Alasan Elon Musk", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/07/24/15000067/twitter-ganti-logo-burung-biru-jadi-huruf-x-begini-alasan-elon-musk.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm