Suspensi udara Airmatic yang disematkan pada model premium Mercedes-Benz(Dok. Mercedes-Benz)
Suspensi udara Airmatic yang disematkan pada model premium Mercedes-Benz(Dok. Mercedes-Benz) ( KOMPAS.COM)

Alasan Kenapa Harus Menghindari Kondisi Jalan Berlubang Saat Mengemudi

24 Juli 2023 21:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu tugas suspensi adalah mengurangi guncangan di dalam kabin saat mobil melewati jalan tidak rata. Sehingga, pengendara akan mendapatkan kenyamanan.

Tapi bukan serta merta mobil boleh melewati jalan tidak rata terlalu sering karena sudah memiliki suspensi. Karena, justru jalan jelek ini akan membuat suspensi mobil cepat rusak.

Maka dari itu, sebisa mungkin saat mengendarai mobil memilih rute dengan kondisi jalan yang rata agar kerusakan suspensi dapat dihindari. Simak seperti apa penjelasan dari ahli berikut ini!

Service Manager Setiawan Spooring Rudy Antono mengatakan, keawetan suspensi bisa dikendalikan oleh pengendara dengan menghindari benturan dari permukaan jalan.

“Mobil yang sering menghantam jalan tidak rata seperti lubang atau benjolan, akan cenderung mengalami perubahan sudut-sudut roda” ucap Rudy, dikutip dari Kompas.com, Senin (24/7/2023).

Rudy mengatakan, jika pengendara bisa mengurangi benturan dari permukaan jalan maka peluang terjadinya perubahan sudut roda semakin kecil. Hal tersebut secara tidak langsung dapat membuat suspensi lebih awet.

Sudut roda yang tidak pas akan membuat laju mobil tidak lembut dan stabil. Akibatnya, suspensi mobil akan bekerja ekstra hingga akhirnya mengalami kerusakan lebih cepat.

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan semakin sering komponen suspensi menahan guncangan maka suspensi akan semakin banyak mengalami tekanan.

“Katakanlah peredam kejut, semakin berat kerjanya maka komponen seal-seal di dalamnya akan lebih mudah bocor, begitu juga bushing-bushing yang terbuat dari karet, berpotensi pecah bila sering terkena benturan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (24/7/2023).

Hardi mengatakan suspensi mobil terdiri dari banyak komponen penunjang sehingga bila dijabarkan akan sangat kompleks.

Selain itu perbaikan suspensi atau penggantian komponen yang sudah rusak membutuhkan biaya tidak sedikit. Oleh sebab itu, penting menjaga keawetan suspensi dengan berupaya menghindari jalan tidak rata.

“Jalan tidak rata juga sangat berisiko ketika dilalui mobil dengan kecepatan tinggi, karena selain dapat merusak komponen keselamatan pengendara juga menjadi taruhannya,” ucap Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Harus Menghindari Jalan Berlubang Saat Mengemudi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/24/111200115/alasan-kenapa-harus-menghindari-jalan-berlubang-saat-mengemudi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm