Tips pintar atur uang dari Caca Tengker.
Tips pintar atur uang dari Caca Tengker. ( Dok.Danamon)

Caca Tengker Bagikan Tips Ajarkan Anak Mengelola Keuangan Sejak Dini

26 Juli 2023 17:45 WIB

SonoraBangka.id - Ada baiknya kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak mengelola keuangan sejak dini.

Langkah tersebut sangat bijak demi memberikan bekal untuk si kecil di masa depan.

Bagi ibu dari dua anak perempuan, Alsi Mega Marsha Tengker atau akrab disapa Caca Tengker mengatakan, menjadi orang tua di zaman serba modern ini tidaklah mudah.

Melalui acara DXPO Talks by Danamon yang digelar di Central Park Mall 23 Juli 2023 kemarin, Caca mengutarakan bahwa sulit untuk memberikan pengertian konsep value of money kepada anaknya.

Menurutnya, hal tersebut merupakan hal yang tidak dapat dipegang atau dilihat secara langsung. Jadi cara terbaik yang dikatakan Caca ialah orang tua harus bisa memberikan contoh bagi anak-anaknya.

Apabila memang orang tua ingin mengarahkan agar anak tidak boros ketika berbelanja di mall atau ketika “lapar mata” melihat konten di internet, orang tua harus bisa memberikan contoh dengan tidak belanja secara impulsif.

Dengan mengenalkan habit finansial kepada anaknya, Caca menegaskan hal ini akan memengaruhi sifat dan tingkah laku anak-anaknya ketika dewasa kelak.

“Saya percaya dengan memberikan pengetahuan dengan benar, kita bisa membantu anak-anak menjadi mengerti bagaimana untuk mendapatkan sesuatu pasti perlu uang, dan tidak bisa terus menerus mengikuti kemauannya, jadi anak lebih bisa bijak dalam mengelola uang, mereka juga jadi bisa ngebedain need vs want,” ungkap Caca Tengker.

Menambahkan pendapat Caca, Susi Yuliendra, Liabilities Banking & Services Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk menjelaskan, pendidikan finansial sejak dini sangat penting.

“Mengajarkan basic menabung itu perlu dilakukan sejak dini, dan orang tua harus bisa memfasilitasi serta memberi contoh ke anak. Kesadaran finansial anak itu tidak terjadi dengan sendirinya, jadi orang tua juga harus memberikan contoh menabung,” ujarnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm