Menkop UKM Teten Masduki
Menkop UKM Teten Masduki ( KOMPAS.com)

Menkop-UKM: TikTok Janji Project S Tidak Dilaksanakan di Indonesia

27 Juli 2023 18:25 WIB

SonoraBangka.ID - Inisiatif Project S milik platform media sosial, TikTok, tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, inisiatif yang memungkinkan perluasan produk China di suatu negara ini diyakini bakal mengancam keberadaan UMKM di negara tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM melakukan pembahasan soal Project S dengan TikTok Indonesia. Menteri Koperasi UKM Teten Masduki mengatakan, hasil dari pertemuan tersebut, TikTok berjanji Project S tidak bakal dilakukan di Indonesia.

"Kemarin kita sudah meeting dengan TikTok mereka janji Project S enggak akan dilakukan di Indonesia," kata Teten, ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Lebih lanjut, Teten membenarkan bahwa Project S bakal 'memukul' produk lokal. Hal ini ditunjukkan dari uji coba Project S yang sudah mulai dilakukan di Inggris.

Dengan dimulainya uji coba, TikTok mulai menjajakan produk-produknya di dalam platform, yang selama ini disediakan khusus bagi para pedagang di negara tersebut.

Tidak hanya menjajakan, TikTok juga mulai mengiklankan produknya, dengan cara disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

"Ini kan kecanggihan teknologi algoritma mereka," kata Teten.

Teten menilai, seharusnya platform digital tidak seharusnya menjual produknya sendiri. Apalagi, platform tersebut berasal dari luar negeri.

"Kalau mereka jualan barang juga algoritma mereka akan mengarahkan kepada produk-produk mereka. Sehingga konsumen di pasar digital hanya akan beli produk-produk milik atau afiliasi bisnis mereka," tutur Teten.

Sebelumnya, manajemen TikTok Indonesia telah melakukan pertemuan dengan Kemenkop-UKM pada Rabu (26/7/2023) untuk membahas wacana Project S.

Usai pertemuan digelar, Head of Communication TikTok Indonesia Anggini Setiawan memastikan bahwa inisiatif itu tidak akan diluncurkan di Tanah Air.

"Kami tidak berniat untuk menciptakan produk e-commerce sendiri atau menjadi wholesaler yang akan berkompetisi dengan para penjual Indonesia," ucap Anggini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkop-UKM: TikTok Janji Project S Tidak Dilaksanakan di Indonesia", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/27/130415626/menkop-ukm-tiktok-janji-project-s-tidak-dilaksanakan-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm