SONORABANGKA.ID - Adalah Perusahaan manajemen konsultansi otomotif global, Arthur D. Little (ADL), mengklaim jika Indonesia seharusnya mampu menjadi ‘raksasa’ yang menguasai pasar kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) di kawasan ASEAN.
Pernyataan tersebut dikeluarkan berdasarkan riset yang telah dilakukan ADL, sejak tahun 2019 hingga saat ini, dan dipaparkan dalam program ‘Indonesia’s EV Roundtable’ di Jakarta, Selasa (1/8/2023).
“Berdasarkan data riset yang kami lakukan secara global, Indonesia termasuk dalam kategori pasar EV dengan potensi perkembangan menjanjikan,” ujar Andreas Schlosser, Global Head of ADL Automotive Practice kepada Kompas.com.
Menurut pria yang pernah menjadi direksi Porsche itu, potensi pasar Indonesia jauh lebih besar dibandingkan India, dan sejajar dengan AS, Jepang, Thailand serta UEA.
“Kemudian jika dilihat dari potensi independensi infrastruktur, Indonesia terbilang sehat. Menimbang industri otomotif berkontribusi 19 persen terhadap PDB nasional,” ujarnya.
Andreas juga membagikan data lainnya berupa angka produksi mobil Indonesia yang menyentuh 1,5 juta unit pada 2022. Angka itu menjadikan Indonesia sebagai produsen otomotif tebesar ke-3 di tahun lalu.
Tapi menurut dia, ada satu kendala utama yang dihadapi Indonesia dalam hal perkembangan industri KLBB, yakni adanya inklusivitas terhadap perusahaan otomotif asing lainnya.
Andreas menjelaskan, bicara soal kategori mobil listrik, baru ada dua merek yang saat ini mendominasi pasar, yakni Wuling dengan Air EV dan Hyundai Ioniq 5.
Kurangnya keseragaman tersebut membuat perkembangan KLBB di Indonesia terhambat. Selain itu, faktor harga juga menjadi persoalan yang kurang baik.
“Status mobil listrik termurah dipegang Wuling Air EV dengan harga Rp 243 juta, sementara mobil konvensional termurah adalah Daihatsu Ayla dengan harga 130 juta. Perlu diingat, (harga) inilah yang akan menentukan minat masyarakat,” ucap dia.
Menurutnya, ada dua poin yang harus terlebih dahulu dibenahi Indonesia, yakni menghilangkan inklusivitas dan memunculkan kompetisi antar produsen, serta menekan harga kendaraan listrik.
“Untuk mendukung transisi EV, Indonesia perlu melakukan diversifikasi dengan menjajaki OEM dan perusahaan asal China dan India, yang lebih aktif di pasar EV,” kata dia
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Punya Potensi Jadi Pusat EV di ASEAN", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/02/091200515/indonesia-punya-potensi-jadi-pusat-ev-di-asean.