Ilustrasi adonan pizza tanpa ragi
Ilustrasi adonan pizza tanpa ragi ( PIXABAY/ENGIN AKYURT)

Tanpa Cetakan, Berikut Ini 8 Cara Bentuk Makan PIzza Agar Bulat

3 Agustus 2023 07:40 WIB

SonoraBangka.id - Adonan piza perlu dilebarkan terlebih dahulu sampai membentuk bulat. Adonan yang terbuat dari tepung semolina dan ragi ini bertekstur elastis. Dibutuhkan ketelatenan untuk melebarkan adonan. Setelah adonan dilebarkan, dibentuk sampai bulat, tinggal diberi topping dan saus piza. Selanjutnya piza dipanggang sampai rotinya dan topping matang. Simak cara membentuk adonan piza menjadi bulat tanpa cetakan mengutip The Kitchn dan MasterClass berikut. 

1. Pastikan adonan piza bersuhu ruang

Apabila adonan piza disimpan di dalam kulkas, keluarkan terlebih dahulu kemudian diamkan di suhu ruang selama setidaknya 30 menit. Gluten alias protein yang membuat adonan piza kenyal, bakal lebih rapat saat kondisi adonan dingin. Hal inilah yang menyebabkan adonan piza dingin bertekstur alot dan cenderung susah dibentuk. Jika adonan piza dalam keadaan beku, keluarkan dari kulkas lalu letakkan di mangkuk yang sudah dilumuri minyak. Tutup mangkuk dan letakkan di tempat hangat selama minimal 30 menit. Sementara itu, jika adonan piza dibuat dalam hari yang sama, biarkan adonan pada suhu ruang setelah mengembang 1,5 jam hingga dua jam pertama. Lihat Foto Ilustrasi membentuk adonan pizza di atas alas panggangan.(Dok. Taste of Home)

2. Ratakan dulu adonan piza

Sebelum adonan piza dibentuk menjadi bulat, ratakan dulu. Gunakan telapak tangan untuk menekan adonan beberapa kali. Selanjutnya, gunakan tiga jari tengah kedua tangan untuk meratakan adonan dari tengah. Lebarkan adonan 15 sentimeter dan tebal sekitar 1,3 sentimeter. Adonan harus lembut dan lentur dan tidak menyusut saat ditekan. Tidak apa-apa jika adonan pipih tidak bulat sempurna pada tahap ini.

3. Siapkan meja bersih

Letakkan adonan piza di atas meja bersih, beri sedikit minyak zaitun, tepung semolina, atau kertas roti agar adonan tidak lengket. Hindari melapisi meja dengan tepung terigu serbaguna atau tepung 00 karena dapat membuat adonan piza mengeras dan sulit dibentuk. 

4. Tidak perlu pakai penggilas adonan

Menggunakan penggilas adonan untuk meratakan adonan piza mungkin tampak lebih mudah daripada membentuknya dengan tangan. Namun, penggilas adonan dapat mengeluarkan gelembung udara dan menyebabkan adonan sobekatau menyusut sehingga susah dibentuk.

5. Istirahatkan adonan lagi jika perlu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm