Anak kunci motor Honda(-)
Anak kunci motor Honda(-) ( KOMPAS.COM)

Pengakuan Pelaku Curanmor, Mudahnya Untuk Bobol Kunci Magnet Honda Beat

3 Agustus 2023 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah OA (24 tahun) tersangka pelaku pencurian sepeda motor mengatakan, ada tiga motor yang paling diincar pelaku kejahatan, yaitu Honda Beat, Vario dan juga Scoopy.

OA yang sudah tiga kali tertangkap kasus pencurian mengatakan, Beat, Vario dan Scoopy paling mudah digasak. Walau ketiganya saat ini sudah memakai penutup lubang kunci bermagnet atau disebut Secure Key Shutter (SKS).

Dengan kata lain, fitur yang semula dianggap dapat mencegah pencurian di motor entry level Honda tersebut saat ini mudah diakali oleh penjahat pencurian motor.

"Beat yang sudah pakai kunci magnet, itu sudah alatnya juga. Semua motor Beat kalau pakai alat itu pasti bisa dibuka," kata OA yang ditemui Kompas.com, di Polsek Tambora, Jakarta Barat, Kamis (3/8/2023).

OA menjelaskan alat tersebut berupa kotak segi empat yang terdiri dari susunan empat magnet. Dengan menggunakan alat itu, pencuri dapat membuka lubang kunci magnet motor dengan mudah.

"Alatnya berupa magnet, magnet doang, cuma magnetnya empat, bentuknya kotak. Kalau motor kan tiga ini empat. (Alatnya itu bikin) kami dari penadahnya," ujar OA.

"Seperti kita buka kunci biasa saja kalau ada magnet itu. Tinggal diputar doang nanti buka sendiri," ujar OA.

OA mengatakan, tidak butuh waktu lama buat dia untuk menggasak motor curian yang sudah diincar. Tak heran kalau setiap hari paling banyak dia bisa mencuri lima motor.

"Hitungan detik. Paling lama satu menit (itu sudah untuk mengintai). Tapi untuk ngambilnya paling 5-10 detik," kata OA.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengakuan Pelaku Curanmor, Mudahnya Bobol Kunci Magnet Honda Beat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/03/160529615/pengakuan-pelaku-curanmor-mudahnya-bobol-kunci-magnet-honda-beat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm