Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang, Agustu Afendi.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang, Agustu Afendi. ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

DP3AKB Upayakan Perda KLA Agar Naik Kelas, Sebab Predikat Kota Layak Anak di Pangkalpinang Masih Madya

5 Agustus 2023 09:56 WIB

SonoraBangka.id - Hingga kini, predikat Kota Layak Anak (KLA) di Kota Pangkalpinang masih terus diupayakan naik kelas.

Terakhir, Kota Pangkalpinang berhasil meraih penghargaan KLA kategori Madya.

Sebelumnya, penghargaan Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA) ini terdiri dari 5 peringkat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kota Pangkalpinang, Agustu Afendi menyebut, hingga kini pihaknya masih terus berupaya membuat Kota Pangkalpinang ramah anak.

Kata Agustu, predikat Nindya belum bisa diraih lantaran Kota Pangkalpinang belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) layak anak.

"Untuk saat ini masih kita upayakan agar kita memiliki Perda KLA, masih terus kita kaloborasikan bersama teman kita dari legislatif. Kemarin kita sudah berupaya agar naik menjadi Nindya cuma penilaiannya kurang karena belum memiliki Perda KLA tadi," sebut Agustu kepada Bangkapos.com, Jumat (4/8/2023).

Menurutnya, Perda KLA tersebut akan selesai pada tahun ini juga, sehingga tahun depan dapat naik kelas.

"Kalau penilaian yang lainnya sudah baik, kita Kota Pangkalpinang bukan hanya menciptakan kota layak anak tapi kota ramah anak. Rata-rata taman kita di Pangkalpinang ramah anak, mulai dari taman sari, taman Dealova, taman Timah, taman Vertikal Dinosaurus, dan banyak lagi," jelasnya.

Bahkan tak hanya tempat bermain anak saja, kata Agustu sejumlah sekolah hingga tempat beribadah juga dibuat ramah anak. 

"Sekolah ramah anak SDN 10 Pangkalpinang, ada juga masjid ramah anak, banyak yang sudah kita perbaharui, hanya masih menunggu Perda saja agar predikat Madya bisa naik menjadi Nindya," pungkasnya.

Dia berharap, penghargaan bukan hanya sekedar penghargaan tapi betul-betul menjadikan Kota Pangkalpinang memang kota ramah untuk anak-anak.

Diungkapkan Agustus, bahwa ini adalah bagaimana kita menciptakan ruang untuk anak-anak, memberikan kenyamanan untuk anak bermain dengan aman. Bukan hanya semata-mata soal penghargaan," kata Agustu. 


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Predikat Kota Layak Anak di Pangkalpinang Masih Madya, DP3AKB Upayakan Perda KLA Agar Naik Kelas, https://bangka.tribunnews.com/2023/08/04/predikat-kota-layak-anak-di-pangkalpinang-masih-madya-dp3akb-upayakan-perda-kla-agar-naik-kelas.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm