Ilustrasi susu sapi. Susu sapi kini tersedia dalam berbagai pilihan, di antaranya seperti susu murni, susu skim tanpa lemak dan susu tanpa laktosa. Produk susu pun kini diberi tambahan vitamin A dan vitamin D untuk membuatnya semakin sehat untuk dikonsumsi.
Ilustrasi susu sapi. Susu sapi kini tersedia dalam berbagai pilihan, di antaranya seperti susu murni, susu skim tanpa lemak dan susu tanpa laktosa. Produk susu pun kini diberi tambahan vitamin A dan vitamin D untuk membuatnya semakin sehat untuk dikonsumsi. ( SHUTTERSTOCK/S_Photo)

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Oreng Dengan Intoleransi Laktosa

6 Agustus 2023 15:09 WIB

SonoraBangka.id - Hampir 65 persen populasi di dunia adalah orang-orang yang tidak toleran laktosa, dikutip dari Healthline, mereka tidak dapat mencerna laktosa. Laktosa adalah jenis gula sederhana yang ditemukan secara alami dalam susu dan produk olahannya. Terdapat enzim pada usus kecil yang memecah laktosa, yaitu laktase. Penderita intoleransi laktosa tidak memproduksi laktase sehingga dapat menimbulkan efek samping sakit perut, kembung, dan diare apabila mengonsumsi makanan mengandung laktosa. Simak makanan yang harus dihindari orang dengan intoleransi laktosa, dikutip dari laman Healthline dan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.  

1. Produk susu hewani

Produk susu tertentu seperti susu sapi, susu kambing, dan susu kerbau mengandung laktosa yang harus dihindari para penderita intoleransi laktosa agar tidak menyebabkan gejala sakit perut.

2. Olahan susu hewani

Selain susu hewani, produk olahan susu juga wajib dihindari bagi penderita intoleransi laktosa seperti keju, butter, yoghurt, es krim, krim kental, dan krim asam.

3. Makanan olahan

Selain dapat ditemukan dalam susu, laktosa juga ditemukan pada produk makanan olahan. yaitu sereal, pancake, roti, sosis, kopi instan, dan camilan kentang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Makanan yang Harus Dihindari Orang dengan Intoleransi Laktosa", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/04/070300375/makanan-yang-harus-dihindari-orang-dengan-intoleransi-laktosa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm