Sepeda listrik keeway memiliki tampilan layar informasi yang unik.(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Sepeda listrik keeway memiliki tampilan layar informasi yang unik.(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Sebelum Beli Motor Listrik, Wajib Tanya Boleh Untuk Dicuci atau Tidak

6 Agustus 2023 20:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Motor atau sepeda listrik tentu mempunyai teknologi berbeda dengan motor konvensional. Tidak menutup kemungkinan juga dilengkapi onderdil yang beda pula, maka dari itu perlu dipastikan apakah ada beda dalam merawatanya.

Termasuk menjaga tampilan motor listrik. Masyarakat sudah terbiasa dengan motor konvensional, begitu terlihat kotor maka mereka akan mencucinya.

Lantas, apakah motor atau sepeda listrik boleh dicuci?

Dhoan, Sales Keeway Indonesia mengatakan masing-masing benda-benda elektronik seperti sepeda atau motor listrik perlu waspada dengan air. Sebelum membelinya perlu dipastikan dulu apakah dia boleh dicuci atau tidak.

“Seperti sepeda listrik yang Keeway tawarkan ini, sebaiknya tidak dicuci menggunakan air mengalir, ada risiko yang akan terjadi bila sampai terkena air,” ucap Dhoan kepada Kompas.com, Sabtu (5/8/2023).

Dhoan mengatakan, sepeda listrik Keeway sebaiknya cukup dilap pakai kain basah saja sehingga akan lebih cepat kering dan aman.

Bahkan Dhoan mengatakan, sebaiknya konsumen tidak menggunakannya di bawah hujan atau melewati genangan.

“Kecuali dia (kendaraan listrik) sudah menjalani uji coba direndam atau sejenisnya, kalau ini belum,” ucap Dhoan.

Rudi, Teknisi U-Winfly mengatakan untuk semua motor listrik yang ditawarkan U-Winfly bisa dicuci dengan air mengalir asal dengan cara yang benar.

“Motor listrik kami dirancang mampu melewati genangan air, dikendarai di bawah hujan sehingga aman saja bila dicuci menggunakan air, asal jangan menyiram bagian-bagian tertentu,” ucap Rudi.

Jadi, sebelum membeli sepeda atau motor listrik penting sekali menanyakan ke petugas yang berjaga apakah unit tersebut bisa dicuci atau tidak. Karena pada dasarnya, kendaraan listrik dibekali komponen dan teknologi berbeda dengan motor konvensional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebelum Beli Motor Listrik, Wajib Tanya Boleh Dicuci atau Tidak ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/06/174100015/sebelum-beli-motor-listrik-wajib-tanya-boleh-dicuci-atau-tidak-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm