Motor listrik patugas kepolisian Zero DSR(Kompas.com/Nanda)
Motor listrik patugas kepolisian Zero DSR(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Dukung Elektrifikasi, Korlantas Polri Akan Tambah Motor Listrik Patwal

9 Agustus 2023 17:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut akan memperbanyak jumlah motor listrik sebagai kendaraan patroli dan pengawal (patwal).

Hal itu diungkapkan oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. Dirinya menjelaskan, keberadaan motor listrik polisi sudah semakin banyak dijumpai.

“Kita sudah pakai sejak KTT G20 di Bali kemarin, itu pertama kalinya (motor listrik) dipakai buat patwal,” ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Firman menjelaskan kalau sejauh ini, ada 3 model motor listrik yang digunakan oleh Polri, yakni Energica EsseEsse9, Zero DSR, dan Niu Gova 03. Ketiganya rutin difungsikan sebagai motor patroli.

“Yang paling sering dipakai itu yang kecil (Niu Gova 3) sebagai motor listrik operasional, untuk berkeliling setiap pagi dan membantu masyarakat,” ucapnya.

Selain ketiga model yang disebutkan, Firman mengatakan jika Polri akan menambah motor listrik baru dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi, diproduksi lokal oleh pabrikan asal Bali, Hunter Motorcycles Indonesia.

“Unitnya memang sudah ada tapi masih belum diumumkan. Diumumkannya nanti,” kata Firman.

Hal ini dikonfirmasi pula oleh David Broadhurst, Chief Technical Officer (CTO) Hunter Motorcycles Indonesia. Dia mengatakan, pihaknya memang memproduksi motor listrik baru untuk Polisi.

David menjelaskan, motor listrik khusus polisi tersebut berjenis escort alias dikhususkan untuk tugas pengawalan. Spesifikasinya tinggi dan diklaim setara dengan motor konvensional kubikasi 2.000 cc.

“Ada banyak teknologi terbaru yang dipasang, tenaganya besar tapi bodinya ringkas,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Dia mengaku belum bisa membagikan informasi mendetil untuk saat ini, karena hal tersebut masih dirahasiakan.

Adapun untuk peluncurannya, David mengatakan jika prosesi serah terima dengan pihak kepolisian akan dilakukan pada penghujung Agustus, atau awal Juli 2023.

“Peluncuran resmi dan penjelasan spesifikasi lengkap akan disampaikan saat serah terima dengan pihak Polisi nanti,” ujar David.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dukung Elektrifikasi, Korlantas Polri Tambah Motor Listrik Patwal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/09/101200515/dukung-elektrifikasi-korlantas-polri-tambah-motor-listrik-patwal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm