Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melihat mobil listrik ORA di GIIAS 2023(KOMPAS.com/DAFFA)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melihat mobil listrik ORA di GIIAS 2023(KOMPAS.com/DAFFA) ( KOMPAS.COM)

Airlangga Tantang Transaksi GIIAS 2023 Tembus Sebesar Rp 15 Triliun

10 Agustus 2023 18:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menantang Gaikindo untuk mampu meningkatkan penjualan mobil baru sebesar 4.9 persen selama gelaran GIIAS 2023.

Tantangan itu terlontar lantaran banyaknya produk dan merek baru yang meluncur di lantai pameran. Serta, kondisi ekonomi nasional yang tengah berada pada tren positif.

"GIIAS ini targetnya Rp 15 triliun. Tahun lalu Rp 14.3 triliun, jadi tahun ini harus naik 15 triliun," katanya usai membuka GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/8/2023).

"Jumlah unit yang terjual tahun lalu 26.000 unit. Tahun ini harapannya bisa lebih meningkat karena secara ekonomi Indonesia sudah lebih baik lagi," ucap Airlangga, melanjutkan.

"Tadi juga (saya lihat langsung) banyak electric vehicle (EV)," kata dia lagi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia mampu tumbuh tinggi pada kuartal II/2023 sebesar 5,17 persen (yoy), di atas perkiraan analis pasar.

Pertumbuhan ini melanjutkan tren di atas 5 persen selama tujuh triwulan berturut-turut, lebih tinggi dari ekspektasi pasar bahkan dengan basis pertumbuhan yang tinggi di periode yang sama tahun sebelumnya.

Ini menunjukkan resiliensi aktivitas ekonomi nasional di tengah perlambatan global.

Dibandingkan mayoritas negara dan kawasan, capaian nasional ini lebih tinggi dibandingkan Vietnam, Uni Eropa, Amerika Serikat, dan Korea Selatan yang tumbuh sekitar 0.6 persen hingga 4.1 persen pada periode sama.

Dalam pameran GIIAS 2023 sendiri, sedikitnya akan ada 11 produk kendaraan baru yang siap menyapa Tanah Air, mulai mobil berbahan bakar fosil sampai elektrik.

Sementara itu, dari sisi  merek otomotif pendatang baru, ada tiga perwakilan dari China, meliputi Neta, Great Wall Motor (GMW), serta Maxus. Ketiga pabrikan memamerkan kendaraan elektrifikasi andalannya.

"Banyak EV yang masuk dan harganya terjangkau. Sebagian besar akan masuk dengan pola CKD (Completely Knocked Down)," ucap Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Airlangga Tantang Transaksi GIIAS 2023 Tembus Rp 15 Triliun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/10/121534615/airlangga-tantang-transaksi-giias-2023-tembus-rp-15-triliun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm