Ilustrasi
Ilustrasi ( Foto: www.freepik.com)

Skandal Miss Universe Indonesia: Fenomena Puncak Gunung Es Pelecehan Seksual di Industri Hiburan

14 Agustus 2023 14:19 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini kontes kecantikan (beauty pageant) di Indonesia tengah menjadi sorotan karena dugaan kasus pelecehan seksual finalis Miss Universe.

Sebab salah satu agenda yang disebut “body checking” dalam kontes kecantikan ini ditengarai sebagai bentuk tindakan kekerasan seksual yang memaksa kontestan untuk melepas pakaian dan berfoto tanpa busana.

Bahkan sebenarnya agenda ini tidak ada dalam jadwal resmi yang diberitahukan kepada kontestan.

Dalam proses body checking, enam kontestan menceritakan pengalamannya yang dipaksa, sembari dibentak, untuk melepaskan pakaian dan berpose hanya menggunakan celana dalam.

Oleh pihak juri, proses ini disebutkan sebagai upaya embrace yourself agar kontestan memiliki rasa bangga dengan tubuhnya.

Penyelenggaraan body checking ini telah sejak semula salah.

Pertama, jika benar klaim yang menyebutkan bahwa pihak penyelenggara tidak pernah secara resmi menginformasikan kepada kontestan mengenai jadwal body checking, maka dapat disimpulkan kegiatan ini bersifat ilegal.

Kedua, segala hal yang berhubungan dengan kepemilikan pribadi (privat) dan hendak diekspos di depan publik HARUS lebih dulu mendapat persetujuan/izin (consent) dari sang pemilik.

Dalam hal ini, kepemilikan tubuh adalah sesuatu yang bersifat sangat personal.

Jika panitia penyelenggara sebelumnya tidak mengajukan izin untuk mengakses bagian tubuh kontestan yang bersifat privat, dan tidak ada pernyataan persetujuan dari kontestan untuk memberikan akses tersebut kepada pihak juri, maka hal tersebut merupakan kekerasan seksual.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm