Kemacetan di Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, imbas bubaran massa Reuni 212, Sabtu (2/12/2017).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR)
Kemacetan di Jalan Ir H Juanda, Jakarta Pusat, imbas bubaran massa Reuni 212, Sabtu (2/12/2017).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR) ( KOMPAS.COM)

Gaikindo Sebut Penghasil Polusi Udara Bukan Hanya karena Mobil

20 Agustus 2023 18:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Polusi udara sedang menjadi masalah yang mencuat, karena kualitas udara di kota Jakarta dan sekitarnya yang memburuk. Arahnya kemudian berkembang untuk mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dengan memakai skema 4 In 1.

Yohanes Nangoi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengingatkan bahwa penghasil polusi bermacam-macam bukan hanya kendaraan bermotor dalam hal ini mobil.

"Polusi itu kan sebetulnya ceritanya cukup panjang jadi polusi itu bisa bermacam-macam karena yang menghasilkan polusi bukan mobil doang tapi yang namanya sepeda motor juga dan pabrik-pabrik juga," kata Nangoi di ICE BSD City, Sabtu (19/8/2023).

Untuk mengatasi polusi yang dihasilkan mobill, kata Nangoi, pemerintah membuat aturan soal emisi yang saat ini tertuang dalam Euro 4, yaitu standar emisi gas buang untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

"Tentunya pemerintah punya strategi bahwa yang namanya mobil itu harus kita tingkatkan emisi gas buangnya yang lebih bersih itu kita memakai yang namanya Euro2, Euro3, Euro4," kata Nangoi.

"Saat ini kita sudah masuk Euro4, nah Euro4 ini tentunya mobilnya harus siap bahan bakarnya juga harus siap kemudian perawatan mobilnya itu juga harus berjalan dengan baik, karena kalau enggak, ya enggak bisa berjalan dengan baik," katanya.

"Tapi yang pasti bahwa kita punya mobil sudah memenuhi syarat ya, Anda tolong jawab sendiri mengenai bahan bakarnya, mengenai perawatan apakah sudah sesuai syarat," ujar Nangoi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaikindo Sebut Polusi Udara Bukan Hanya karena Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/20/162100015/gaikindo-sebut-polusi-udara-bukan-hanya-karena-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm