Honda Smart Key System(Dok. AHM)
Honda Smart Key System(Dok. AHM) ( KOMPAS.COM)

Kenop Keyless Motor yang Dirusak Maling Tidak Bisa Untuk Diperbaiki

26 Agustus 2023 17:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Motor dengan teknologi keyless kadang masih jadi incaran maling. Memang, motor tersebut lebih sulit buat dibobol, yang ada malah hanya merusak kenop untuk kontak on dan off.

Sayangnya, bila sudah dirusak maling kadang kenop tadi jadi tidak berfungsi. Ada yang kenopnya tersangkut, ada juga yang rusak, jadi tidak bisa diputar lagi.

Menurut Mulyono, pemilik bengkel Honzuyaka, spesialis keyless, komponen keyless yang tadi dirusak tidak bisa diperbaiki, solusinya cuma dengan cara mengganti bagian tadi.

"Kalau dirusak maling, mau enggak mau harus beli satu set, tidak bisa kenop saja, terutama Honda. Kalau Yamaha masih ada beli kenopnya saja," ucap Mulyono kepada Kompas.com belum lama ini.

Perlu dipahami juga, meski motor tidak jadi digasak maling, namun tetap ada uang yang harus dikeluarkan untuk beli sparepart.

Ketika kami cek ke salah satu laman penjualan suku cadang Honda, harga komponen kunci tersebut satu set sekitar Rp 500.000.

Tentu harga suku cadang tadi belum dengan ongkos pasang. Cuma bagian lainnya tidak perlu diganti, bahkan tidak perlu sampai ganti remot.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenop Keyless Motor yang Dirusak Maling Tidak Bisa Diperbaiki", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/26/090200815/kenop-keyless-motor-yang-dirusak-maling-tidak-bisa-diperbaiki.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm